Di zaman sekarang yang dimana kemajuan teknologi semakin pesat membuat semua orang harus menyesuaikan kehidupannya dengan teknologi agar mereka tidak tertinggal oleh teknologi yang semakin pesat saat ini. salah satu kemajuan teknologi yang sangat pesat adalah di kategori digital nya seperti sosial media dan aplikasi-aplikasi pendukung pekerjaan sehari-hari. Kemajuan digital membuat semua orang bisa mendapatkan segala sesuatu dengan sangat mudah dan praktis. Tidak hanya itu saja, kemajuan teknologi juga memberikan perubahan yang luar biasa bagi dunia bisnis. Karena itu mau tidak mau pelaku usaha harus menyesuaikan usahanya dengan digitalisasi bisnis yang tidak terbatas pada tempat maupun waktu. Digitalisasi bisnis merupakan proses yang mengubah komunikasi, interaksi dan segala manfaat dalam bisnis menjadi digital. Melalui penerapan digitalisasi bisnis, para pelaku usaha beralih dari sistem konvensional menjadi virtual. digital marketing sangat membantu memudahkan dan mempraktiskan para pelaku UMKM untuk memberikan informasi dan berinteraksi secara langsung dengan konsumen, memperluas pangsa pasar, meningkatkan awareness dan meningkatkan penjualan.Â
      Â
Ada banyak alasan mengapa seperti bisnis UMKM harus Go Digital, yaitu:
1. Untuk Menjangkau Pasar yang Lebih LuasÂ
Alasan pertama yang mendasari para pelaku UMKM agar mulai go digital dalam berbisnis adalah demi memperluas jangkauan pasar. Keterbatasan sistem distribusi dan pemasaran dari dulu menjadi masalah utama dalam sebuah kegiatan bisnis. Namun, sekarang hal tersebut sudah bisa diatasi berkat semakin maju nya teknologi terutama di digitalnya yang jangkauan pemasarannya bisa menembus batasan.
2. Meminimalisir Kehilangan MarketÂ
Pengguna yang mulai nyaman dengan ekosistem digital. Mulai dari jasa kirim barang online, pesan makanan secara online, tranfer uang online, hingga belanja kebutuhan secara online. Jika pelaku usaha menyesuaikan dengan kemajuan teknologi saat ini dengan go digital bisnis nya maka bisnis nya akan berpotensi mendapatkan banyak pendapatan berkali-kali lipat dari sebelumnya yang bisnis nya masih tradisional atau belum go digital.
3. Pertumbuhan Pengguna Internet yang Kian Banyak
Sebagian besar orang saat ini sudah menggunakan internet sebagai pendukung kegiatan pekerjaan dan kehidupannya, salah satunya yaitu sosial media.Hampir semua orang pasti mempunyai sosial media, seperti contoh instagram. Jika pelaku bisnis, bisnis nya mempunyai akun sosial media, makan bisa mendukung kemajuan bisnis nya karena penyebaran informasi yang sangat mudah saat ini lewat media online. Â
4. UMKM Menjadi Lebih ProfesionalÂ
Dengan go digital UMKM tidak hanya berpotensi meraup lebih banyak pelanggan dan pendapatan, tapi juga dapat memasuki sebuah persaingan baru di ranah industri modern saat ini. Walaupun itu bisnis yang masih kecil atau bisnis yang masih dirintis, anda akan mendapatkan nilai lebih dari calon pelanggan jika sudah memiliki sosial media dan website sebagai media pemasaran.
5. Biaya Operasional Lebih Rendah
salah satu manfaat bisnis go digital yang paling menguntungkan adalah bisa menekan biaya operasional. Bagi para pelaku UMKM biaya operasional seperti sewa kios, bayar sales, dan lain sebagainya tentu sangat memberatkan. Dengan bisnis yang go digital para pelaku UMKM bisa lebih menghemat modal karena tidak harus memiliki toko fisik agar produk bisa dikenal dan promosi dengan menggaji seorang sales. karena saat ini website sudah bisa menjadi semacam showcase tempat calon konsumen berkumpul dan melakukan transaksi pembelian dan sosial media sudah bisa menjadi media promosi yang sangat mudah dan praktis.
6. Budget Pemasaran Digital Bisa Diatur Sesuai Kebutuhan
budget pemasaran digital lebih transparan dan akuntabel dibandingkan metode pemasaran offline yang memerlukan waktu serta tenaga ekstra. Untuk memperkenalkan bisnis, pelaku bisnis bisa memanfaatkan platform email marketing yang bisa mengirim pesan ke ribuan orang sekaligus dalam beberapa kali klik. Selain itu, pelaku  bisnis juga bisa menambahkan sistem pembelian dengan menggunakan aplikasi pendukung seperti GoFood, GrabFood, dan ShopeeFood untuk memudahkan budget yang diatur sesuai kebutuhan.
7. Pertumbuhan Lebih Cepat
Alasan terakhir yang menjadi dasar bagi para pelaku UMKM terletak pada faktor pertumbuhan yang lebih cepat jika bisnis nya go digital. Kecepatan penyebaran informasi saat ini sangat cepat dan sangat praktis yang dapat mendukung kemajuan setiap bisnis digital, dengan memanfaatkan platform digital secara maksimal maka jumlah orang yang melihat produk Anda dipastikan bakal lebih banyak dan lebih beragam. Alhasil, potensi penjualan bisa semakin besar. UMKM di era sekarang harus wajib mempunyai akun bisnis online seperti Instagram agar bisnis nya mudah dikenal secara luas dengan cepat.
      Masih banyak pebisnis yang ragu untuk mengalihkan usaha offline milik mereka ke online. Banyak faktor penyebabnya, seperti masalah kebiasaan, tidak mengerti cara dan sistem nya, hingga berpikir usahanya akan Sulit untuk berkembang dan maju jika tidak memiliki toko fisik. Padahal memiliki toko fisik tidak menjamin sebuah bisnis mudah berkembang dan maju. Kita sebagai generasi muda saat ini harus mengikuti kemajuan teknologi saat ini agar tidak tertinggal oleh teknologi, dan untuk para anak muda generasi sekarang yang menjadi pelaku usaha harus menghidupkan bisnis go digital bersama-sama agar saling mendukung dalam kegiatan bisnis.Â
Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H