Mohon tunggu...
Dava SatryaBuana
Dava SatryaBuana Mohon Tunggu... PSIKOLOI J UMM 2020

PSIKOLOGI UMM 2O20

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Hidup Sehat Dimulai dari Sekarang

19 Juni 2021   23:17 Diperbarui: 20 Juni 2021   00:24 27 0 0 Mohon Tunggu...

Tubuh sehat dengan badan ideal adalah impian dari setiap orang, tetapi mewujudkan impian tersebut membutuhkan kedisiplinan pada setiap individu. Tidak hanya itu, banyak kendala yang di temui ketika kita memulai program Pola Hidup Sehat, seperti memiliki pola hidup atau tuntutan kerja yang labil sehingga tidak bisa mengatur waktu dengan baik, atau memiliki tubuh yang susah memiliki berat badan ideal. Nah di artikel ini kita akan sedikit membahas tentang pola hidup sehat untuk membuat tubuh menjadi ideal.

Pertama kali memulai pola hidup sehat, kita harus mendisiplinkan waktu kita dulu, seperti mengatur jadwal tidur, mengatur jadwal makan, berapa banyak kalori yang kita makan, apa saja makanan yang harus kita makan, dan yang tidak kalah penting pastinya membuat jadwal olahraga secara teratur. Terlihat sulit memang, tetapi ketika kita sudah memulai ini hanyalah suatu pola hidup yang mudah dan simpel, asalkan ada niat yang kuat dalam diri kita untuk memulai pola hidup sehat.

Pola Tidur

Tidur dibagi menjadi 2 tahap NREM  dan REM, fase NREM dibagi menjadi 3 yaitu N1, N2 dan N3. Fase NREM adalah fase terpanjang saat tidur, fase ini terjadi sekitar 75 -- 80 % ketika kita tidur. Pada fase NREM sekresi hormon pertumbuhan mengalami peningkatan, Hormon melatonin pun mencapai puncaknya pada fase ini. Tidur REM sangat penting dalam memelihara fungsi kognitif dikarenakan tidur REM melancarkan aliran darah ke otak, meningkatkan aktivitas korteks dan konsumsi oksigen serta meningkatkan pengeluaran epinefrin. Tidur REM yang adekuat berperan dalam mengorganisasi informasi, proses belajar dan menyimpan memori jangka panjang.

Pada umumnya seseorang membutuhkan waktu tidur kurang lebih selama 8 jam, kurangnya waktu tidur akan menurunkan kinerja kognitif, gangguan kinerja otak dan dapat menyebabkan depresi, terjadi gangguan kekebalan tubuh, peningkatan risiko penyakit jantung seperti stroke, hipertensi, dan lain lain.

Pola Makan

Kita harus disiplin pada jadwal makan, tidak disiplin pada jadwal makan bisa menyebabkan penyakit maag. Biasakanlah untuk sarapan karena sarapan sangat baik bagi tubuh. Saat sarapan kita akan mendapatkan glukosa dan glikogen dari makanan yang kita makan, 2 zat tersebut adalah penghasil energi untuk kita beraktivitas sehari -- hari. Selain itu sumber karbohidrat juga akan menghasilkan Hormon Serotonin atau bisa disebut dengan hormon kebahagiaan, hormon ini bisa menjadi pengatur mood sesorang.

Kita juga harus memerhatikan makanan apa yang masuk dalam tubuh kita, seperti berapa banyak kalori yag masuk, apakah protein nya sudah memenuhi kebutuhan pada hari itu, apakah semua vitamin sudah kita dapatkan. Untuk Laki - laki dewasa rata -- rata membutuhkan 2500 -- 3000 kalori dalam sehari, sedangkan untuk wanita membutuhkan sekitar 1800 -- 2500 kalori, ini tergantung pada kepadatan aktivitas dan kondisi tubuh individu masing -- masing. Jangan sampai terlalu banyak mengonsumsi kalori, karena bisa menimbulkan obesitas dan meningkatkan penyakit jantung. Disebutkan dalam firman Allah "Makan dan minumlah, tetapi jangan berlebihan." (QS. Al-A'raf: 31).

Jumlah protein yang dibutuhkan oleh individu harus disesuaikan dengan berat badannya, cara mengitungnya adalah Total berat badan x 1,2 g untuk orang dengan aktivitas normal dan di x 2 g untuk orang yang sedang membentuk otot, misalkan, berat badan A adalah 50kg maka cara menghitungnya adalah 50 x 1,2g =  60g atau jika sedang ingin membentuk otot maka 50 x 2g = 100g protein setiap hari. Kita bisa mengonsumsi makanan sumber protein dari telur, ikan laut, daging merah, dll.

Kita juga membutuhkan Vitamin A,B,C,D,E,K dalam keseharian, Vitamin tersebut bisa kita dapatkan dari sayur -- sayuran, buah -- buahan dan juga kacang -- kacangan. Dari hal diatas secara umum kita diperintahkan untuk makan -- makanan yang baik, ini sesuai dengan dalil surat Al -- Baqoroh ayat 168 " Wahai manusia! Makanlah dari (makanan) yang halal dan baik yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah setan. Sungguh, setan itu musuh yang nyata bagimu.". Makanan yang baik akan diserap oleh tubuh dan akan membantu organ kita bekerja dengan maksimal. Vitamin sendiri memiliki banyak manfaat bagi tubuh, salah satu contohnya adalah Vitamin C yang berguna untuk kekebalan tubuh dan antioksidan. Tetapi tentu saja mengonsumsi vitamin juga sewajarnya saja dan tidak boleh berlebihan.

Olahraga Rutin

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN