Mohon tunggu...
Firdaus Cahyadi
Firdaus Cahyadi Mohon Tunggu... Penikmat kopi dan buku

Penulis lepas, Knowledge Management trainer, Analisis Wacana dan Media untuk organisasi non profit

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Sehat Cara Gue, Cara Loe?

22 Oktober 2019   13:35 Diperbarui: 22 Oktober 2019   13:43 0 1 0 Mohon Tunggu...

"Orang sekarang cari uang sampai sakit, eh, setelah dapat uang, uangnya untuk mengobati sakitnya." Itu salah satu ungkapan lelucon dalam mame yang beredar di media sosial. Memang itu lelucon, namun kalau kita mencermati lebih dalam, benar juga apa yang diungkapkan itu.

Bagaimana tidak, bagi gue yang setiap hari bolak-balik Bogor-Jakarta, harus berangkat kerja dari rumah jam 05.00 wib. Setelah 8 jam bekerja di kantor, harus pulang balik ke Bogor pukul 17.00 wib. Praktis sampai rumah udah pukul 19.00 wib. Sudah sangat capek begitu sampai rumah.

Jangan tanya kapan sarapannya dan jam berapa tidur malamnya? Semua jadwal makan dan tidur malam gue kacau di hari Senin sampai dengan Jum'at. Tak heran bila para buruh seperti gue ini, utamanya yang tinggal di pinggiran Jakarta, rentan terserang penyakit. Paling ringan terkena flu.
Harus ada cara baru untuk menyiasati pola hidup yang tidak sehat itu. Bagaimana cara loe menyiasatinya?

Ini kalau cara gue. Begitu gue sampai di kantor, masih pukul 07.00 wib. Kebetulan kantor gue di daerah Tebet. Di Tebet ada taman Honda yang biasa dipakai orang-orang untuk olahraga. Jadi sesampainya ke kantor gue sempetin untuk olahraga di Taman Honda, Tebet. Jogging sekitar 3-5 putaran. Ya, kira-kira selama 30 menit lah. Lumayan berkeringat. Setelah itu baru balik lagi ke kantor, gue istirahat sebentar. Setelah itu gue baru mandi. Segarnya.

Selepas olaharaga pagi gue baru menghadap laptop, sambil ngopi. Tak perlu banyak-banyak minum kopi. Bagi gue 1 gelas kopi setiap hari sudah cukup. Itu pun dicampur dengan susu. Tak perlu banyak-banyak, karena yang berlebihan itu pasti tidak baik.

Alhamdulillah, dengan cara seperti itu gue jarang sakit. Gue ingin selalu sehat, karena sakit itu selain tidak enak juga mahal.

Pertanyaannya adalah gimana kalau terlanjur sakit? Ya gue harus ke dokter. Saran gue, selain harus punya BPJS Kesehatan, kalian harus punya asuransi kesehatan tambahan. Banyak perusahaan asuransi yang bisa menjadi asuransi kesehatan tambahan. Tapi saran gue, pilihlah asuransi kesehatan yang memberikan perlindungan kesehatan secara lengkap hingga usia 88 tahun.

Akan lebih baik bila asuransi kesehatan tambahan itu juga menyediakan perawatan untuk efek samping kemoterapi dan terapi pendukung untuk pemulihan seperti terapi wicara serta terapi okupasi. Kenapa demikian? Karena memang tidak banyak asuransi yang seperti itu. Salah satunya adalah Sun Medical Platinum. Apakah ini promosi? Terserah saja bagaimana menilainya, gue hanya berbagi pengalaman cara sehat menurut gue. Semoga bermanfaat.

KONTEN MENARIK LAINNYA
x