Mohon tunggu...
Deni I. Dahlan
Deni I. Dahlan Mohon Tunggu... Penulis - WNI

Warga Negara Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Bermain "Chess Titans", Game Catur Sederhana yang Bikin Ogah Rebahan

31 Desember 2020   03:40 Diperbarui: 31 Desember 2020   03:49 694
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tahun 2020 seakan tahun mati. Tak ada pencapaian, tak ada perayaan kemenangan. Mau mencapai bagaimana, karena banyak orang tertahan di rumah saja. Hidup hanya berputar dari bangun tidur, main hape, ke kamar mandi, makan, ngobrol dengan tetangga lalu kembali ke tempat tidur lagi.

Kalau pun ada yang dikerjakan, hanya bisa secara online. Entah lewat hape atau laptop. Makanya sering muncul istilah kaum rebahan, yaitu orang -- orang yang sering menghabiskan waktunya dengan rebahan. Salah satu kegiatan pengalih perhatian kaum rebahan adalah bermain game. Game di hape begitu banyak, saking banyaknya sampai bingung memilihnya.

Game Chess Titans di laptop. (Sumber: Dok. Pribadi)               
            googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-712092287234656005-411');});
Game Chess Titans di laptop. (Sumber: Dok. Pribadi) googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-712092287234656005-411');});
Karena itu, saya mencoba main game di laptop lawas saya. Chess Titans adalah game bawaan laptop yang saya pakai. Biasanya game ini berkumpul bersama game bawaan Windows lainnya, seperti Hearts, Solitaire dan Minesweeper.

Game catur ini punya tampilan sederhana. Namun memiliki gameplay yang menantang. Pemain bisa bermain catur dari level 1 hingga level 10. Semakin tinggi level, semakin sulit menaklukannya. Game ini bisa dimainkan oleh dua orang. Namun kalau sedang ingin bermain dengan komputer juga bisa.


Saya penasaran untuk mencoba, sejauh mana dewi keberuntungan menemani saya saat bermain game ini. Saya mulai dengan melawan komputer level 1. Saya pilih bidak berwarna hitam dan hasilnya bisa menang dengan mudah. Kemenangan itu terus berlanjut sampai beberapa level berikutnya. Namun sampai level 8, kesulitan menghadang perjalanan saya.

Ada fitur
Ada fitur "Undo". (Sumber: Dok. Pribadi)
Sebenarnya untuk menang bisa pakai trik nakal. Karena game ini menyediakan fitur "Undo", dimana pemain bisa kembali ke gerakan sebelumnya. Jadi kalau kalah, tinggal di-Undo saja bisa mengubah hasil permainan.

Tapi entah kenapa, saya kurang berminat untuk memakainya. Jadi saya tinggal main saja tanpa pakai  fitur itu. Kalau menang lanjut level. Kalau kalah ya sudah, cari kesalahannya apa lalu coba lagi dari awal. Dan ternyata bermain game ini tanpa memakai "Undo" tidaklah mudah.

Saya bersemangat untuk mengalahkannya. Tapi karena terlalu semangat, saya keasyikan mencari celah mereka hingga melupakan nyawa diri sendiri. Akhirnya, bolak -- balik saya dikalahkan oleh komputer level 8. Salah satu kekalahan yang menggelikan adalah saat saya mendorong sang raja maju sendirian tanpa dikawal benteng.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun