Mohon tunggu...
Deni I. Dahlan
Deni I. Dahlan Mohon Tunggu... WNI

Warga Negara Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi Pilihan

3 Tips Sederhana agar Saat PJJ Tak Terlalu Banyak Kendala

26 November 2020   00:13 Diperbarui: 26 November 2020   00:28 17 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
3 Tips Sederhana agar Saat PJJ Tak Terlalu Banyak Kendala
PJJ atau Pembelajaran Jarak Jauh tergantung teknologi.Sumber: Dok. Pribadi

Menjadi guru tidaklah mudah. Harus mampu mengajari murid, memfasilitasi kebutuhan selama kegiatan belajar, dan kudu omes mengayomi berbagai karakter siswa. Tanggungjawab menjadi guru sangat besar, karena mereka mencerdaskan kehidupan masyarakat.

Apalagi saat pandemi belum berakhir. Meski keinginan libur lebih lama sedikit tercapai, tapi itu membuat guru harus mengajar dengan gaya baru. Selama belajar dari rumah, guru melaksanakan tugasnya dengan cara PJJ.

Karena PJJ lebih membutuhkan teknologi daripada interaksi tatap muka, maka keberhasilan PJJ sangat tergantung kepada alat yang dibutuhkan. Jika perangkat yang digunakan sering hang atau error, maka PJJ jadi terkendala.

Untuk mengurangi ancaman itu, maka teknologi harus berfungsi dengan normal. Saya bukan seorang guru, jadi saya belum pernah melakukan PJJ dan apa saja kendalanya. Tapi kalau PJJ saya posisikan sama dengan video call lewat hape, mungkin beberapa tips ringan ini bisa dicoba.

Pertama, bersihkan perangkat. Dulu saat kegiatan belajar dilakukan di sekolah, kebersihan penting untuk dijaga. Ruang kelas bersih, meja dan bangku bersih, papan tulis dan alat pendukung lain juga bersih. Jadi saat memakainya enak tidak ada halangan.

Hampir sama dengan itu, belajar dengan sistem PJJ juga kudu bersih. Laptopnya bersih dari cache yang membebani, hape-nya bersih dari aplikasi yang jarang digunakan, dan penyimpanan bersih dari data yang kurang penting. Jadi saat PJJ berlangsung, kendala seperti hang atau nge-lag jarang muncul.

Kedua, penuhi daya. Kegiatan PJJ memakai laptop atau hape yang tersambung internet. Saat perangkat mencari sinyal, butuh daya yang dapat mengurangi baterai. Sehingga kadang karena sinyal lemot, baterai jadi cepat habis. Kalau itu terjadi di tengah PJJ, maka tentu akan menghambat.

Agar tak terjadi seperti itu, maka baterai diusahakan cukup. Caranya mungkin dengan mengecas perangkat sampai full, tepat sebelum PJJ dilakukan. Lebih baik lagi kalau menaruh charger di dekat kita. Jadi kalau terjadi low bat tinggal mengisi daya.

Ketiga, matikan notif. Kadang saat belajar online, ada notif dari Facebook, Youtube dan aplikasi lain yang tidak nyambung dengan PJJ. Munculnya notif itu tentu bisa mengalihkan fokus. Akibatnya belajar online berjalan kurang efektif. Jadi agar jarang gangguan saat PJJ, maka sebaiknya notif yang kurang mendesak sementara di-off dulu.

Melakukan beberapa persiapan kecil seperti di atas, tidak menjamin kegiatan PJJ berjalan dengan lancar. Tapi setidaknya bisa meminimalisir kemungkinan bertemu kendala selama PJJ berlangsung.

Selamat Hari Guru!

Catatan: Segelas teh atau sebotol air mineral sudah cukup agar pikiran tak kemana -- mana saat PJJ dilaksanakan. Jadi sebaiknya mengisi perut dulu sebelum kegiatan.

VIDEO PILIHAN