Pada semester genap 2024/2025, sejumlah mahasiswa Universitas Muhammadiyah Kudus melaksanakan magang diberbagai industri di Jawa Tengah. Industri tersebut diantaranya di PT.Jaya Cipta Mandiri (Ahass), PT.Sukun Wartono Indonesia, PT.Pura, PT.Jaya Abadi Distribusi, CV.Mubarok Cipta Delicia, CV.Ida Catering , PT.Kudus Alih Daya, CV.Bina Putra Cipta Jaya Group, Bank Syariah Indonesia dan PT.Agcenna Digital Agency.
Ada 19 mahasiswa yang melaksanakan magang dimulai tanggal 14 Mei 2025 hingga 14 Juli 2025. Selama masa magang tersebut para mahasiswa mendapatkan pengalaman langsung dalam dunia kerja dan dibimbing langsung oleh pihak perusahaan sesuai dengan divisi dimana mahasiswa ditempatkan.
 Langkah Real Menuju Dunia Kerja Berbasis Digital
Selama melaksanakan magang, mahasiswa sangat aktif ditempatkan pada divisi sesuai dengan penguasaan skill di program studi bisnis digital seperti bidang analisis data, digital marketing seperti pemasaran produk berbasis digital marketing dan e-commerce serta pelayanan langsung ke konsumen yang ditujukan untuk kebutuhan perusahaan.
Dengan dilibatkannya mahasiswa dalam operasional perusahaan, maka pengalaman nyata terkait dunia kerja mereka dapatkan, seperti komunikasi bisnis internal dan eksternal perusahaan serta meningkatnya kemampuan memanfaatkan teknologi digital untuk pemaran.
Ketrampilan yang dikuasai
Selama pelaksanaan magang selama 3 bulan, mahasiswa memperoleh pengalaman secara real yang berkontribusi pada kebutuhan industri, seperti:
1. Meningkatnya kemampuan komunikasi dalam bisnis bersama tim yang profesional.
2. Penguasaan skill handling pelanggan sesuai kebutuhan perusahaan.
3. Â Meningkatnya kemampuan live media sosial untuk meningkatkan engagement penjualan.