Pada semester genap 2024/2025, sejumlah mahasiswa Universitas Muhammadiyah Kudus melaksanakan magang diberbagai industri di Jawa Tengah. Industri tersebut diantaranya di PT.Jaya Cipta Mandiri (Ahass), PT.Sukun Wartono Indonesia, PT.Pura, PT.Jaya Abadi Distribusi, CV.Mubarok Cipta Delicia, CV.Ida Catering , PT.Kudus Alih Daya, CV.Bina Putra Cipta Jaya Group, Bank Syariah Indonesia dan PT.Agcenna Digital Agency.
Ada 19 mahasiswa yang melaksanakan magang dimulai tanggal 14 Mei 2025 hingga 14 Juli 2025. Selama masa magang tersebut para mahasiswa mendapatkan pengalaman langsung dalam dunia kerja dan dibimbing langsung oleh pihak perusahaan sesuai dengan divisi dimana mahasiswa ditempatkan.
 Langkah Real Menuju Dunia Kerja Berbasis Digital
Selama melaksanakan magang, mahasiswa sangat aktif ditempatkan pada divisi sesuai dengan penguasaan skill di program studi bisnis digital seperti bidang analisis data, digital marketing seperti pemasaran produk berbasis digital marketing dan e-commerce serta pelayanan langsung ke konsumen yang ditujukan untuk kebutuhan perusahaan.
Dengan dilibatkannya mahasiswa dalam operasional perusahaan, maka pengalaman nyata terkait dunia kerja mereka dapatkan, seperti komunikasi bisnis internal dan eksternal perusahaan serta meningkatnya kemampuan memanfaatkan teknologi digital untuk pemaran.
Ketrampilan yang dikuasai
Selama pelaksanaan magang selama 3 bulan, mahasiswa memperoleh pengalaman secara real yang berkontribusi pada kebutuhan industri, seperti:
1. Meningkatnya kemampuan komunikasi dalam bisnis bersama tim yang profesional.
2. Penguasaan skill handling pelanggan sesuai kebutuhan perusahaan.
3. Â Meningkatnya kemampuan live media sosial untuk meningkatkan engagement penjualan.
4. pemahaman mengenai penerapan B2B dan B2C
Ketrampilan diatas tentu akan memperkuat ketrampilan akademik dan menambah kesiapan untuk menghadapi duni kerja.
Terwujudnya Proyek Akhir
Setelah selesai magang, Â mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengerjakan proyek berbasis digital marketing dan e commerce sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Dimana proyek ini adalah gambaran kemampuan mahasiswa menerapkan ilmunya terhadap dunia industri. Ini membuktikan bahwa mahasiswa Bisnis Digital Umku mampu menerapkan ilmu yang diperoleh dari kampus dan menambah portofolio mereka sebagai bekal masa depan.
Kontribusi Dunia Pendidikan dan Industri
Pelaksanaan magang ini adalah bukti kontribusi nyata antara perguruan tinggi dan dunia industri. Bagi mahasiswa ini menjadi bekal sebagai calon tenaga profesional dalam dunia bisnis digital dan bagi dunia industri bisa menyerap inovasi terkait distribusi produk melalui digital marketing dari mahasiswa prodi bisnis digital. Dengan diperolehnya pengalaman ini, mahasiswa akan siap menghadapi duni kerja di era persaingan global. Harapan ke depan, melalui kegiatan magang ini dapat menjadi sinergitas mutualisme untuk mencetak mahasiswa unggul di bidang bisnis digital di era industri 5.0.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI