Mohon tunggu...
Darien Saka
Darien Saka Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

saya merupakan mahasiswa Bina Nusantara jurusan Ilmu Komunikasi, saya akan membagikan pengalaman hidup saya disini siapa tau bermanfaat.

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Artikel Utama

Suka dan Duka Membuat Media Startup Selama 1 Tahun

30 November 2022   23:20 Diperbarui: 4 Desember 2022   07:04 1087
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi startup (sumber: Freepik.com/rawpixel.com via KOMPAS.com) 

Pada saat awal era pandemi, dimana banyak anak muda yang baru saja lulus dari sekolah menjalani kesehariannya dengan pergi bersama teman dan bermain. 

Nah, saya justru memilih mengisi waktu luang saya dengan melakukan produktivitas yang berhubungan dengan komunikasi dan juga media massa yaitu membuat sebuah media startup. 

Pasti banyak yang berfikir bahwa aktivitas yang saya lakukan ini tentu sama sekali tidak relevan dengan kegemaran yang disukai generasi muda zaman sekarang. 

Namun, bagi saya, membuat media startup adalah sebuah jalan untuk mengemukakan opini yang saya punya atau membahas suatu hal yang saya sukai. 

Bahkan setelah membuatnya media ini, saya mendapatkan banyak sekali pengalaman mengenai sistem kerja sebuah media dan ini sangat berhubungan dengan jurusan kuliah saya yaitu ilmu komunikasi sehingga pengalaman ini tentu dapat saya gunakan di masa depan. 

Salah-satu pengalaman yang saya dapatkan adalah saya dapat merasakan berbagai macam suka dan duka dalam dunia pekerjaan khususnya  pentingnya memiliki konsistensi dan komitmen ketika melakukan suatu pekerjaan. 

Pelajaran ini dapat saya miliki tanpa  harus menunggu waktu kelulusan saya dan mencari kerja yang pastinya membutuhkan waktu yang sangat lama. 

Saya akan menceritakan dari awal saya membentuk media dari nol bermodalkan niat hingga ke proses rintangan dan hambatan dalam membuat media yang saya hadapi tanpa pengalaman sama sekali. Dan pada akhirnya media ini dapat saya jalankan hingga sekitar 1 tahun.

Cerita awal dalam perjalanan saya membuat sebuah media adalah kecintaan saya pada industri video game. Saya sangat senang mengomentari atau mengemukakan opini saya terkait dunia video game, namun saya tidak memiliki wadah atau platform yang tepat untuk membahasnya. 

Maka dari itu saya memulai nya dengan membuat sebuah podcast lewat platform spotify yang berjudul "Ngobrolin Industri Game" Bersama dengan teman saya untuk membahas hal-hal yang berkaitan dengan dunia game berdasarkan opini kami masing-masing. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun