Mohon tunggu...
dara diana
dara diana Mohon Tunggu...

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Gaya Hidup kaum Urban yang semakin 'kekinian'

16 Mei 2015   05:55 Diperbarui: 17 Juni 2015   06:56 0 0 0 Mohon Tunggu...

Kaum urban saat ini tidak terlepas dengan gaya hidupnya yang semakin hari semakin mengikuti perkembangan jaman, atau istilah yang sedang popular saat ini adalah semakin “kekinian”. Ya, saat ini istilah tersebut menjadi popular dikalangan kaum urban mulai dari anak-anak, abg/remaja, hingga orang dewasa. Sifat Kaum urban yang hedonis, menjadi salah satu faktor utama yang membuat kaum urban menjadi semakin konsumtif. Ditambah dengan semakin majunya teknologi di zaman ini, yang memudahkan kaum urban untuk melampiaskan sifat hedonisme mereka.

Gaya hidup kekinian sudah menjadi budaya baru bagi kaum urban. ini bisa kita lihat dari gaya hidup mereka mulai dari pendidikan, pekerjaan, komunitas, kesehatan, hingga hobi. Kini Gaya hidup kaum urban telah banyak mengalami perubahan, Contohnya dulu gadget menjadi sesuatu yang happening dalam gaya hidup kaum urban, namun sekarang sudah banyak gadget dengan harga yang murah tapi tidak kalah dengan gadget yang harganya lebih mahal. Sehingga kaum urban yang menengah kebawah sudah bisa memiliki gadget tersebut bahkan orang-orang di pedesaan bisa memilikinya.

Perkembangan bisnis di Indonesia pun semakin mendukung gaya hidup kaum urban saat ini. Sebagai contoh di Jakarta banyak sekali tempat-tempat hiburan yang dapat memanjakan kaum urban. Mulai dari pusat-pusat perbelanjaan, restoran, café, tempat karaoke, juga club-club malam yang menyuguhkan kesenangan untuk kaum urban. Bagaimana tidak? Karna Tempat-tempat tersebut dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas yang memuaskan mereka. Seperti halnya internet yang menjadi salah satu keharusan bagi kaum urban jika mengunjungi restoran atau cafe.

Baru-baru ini kaum urban menjadikan culinary dan travelling sebagai gaya hidup mereka. Bisa kita lihat dari media sosial yang dipenuhi dengan postingan-postingan tempat-tempat wisata dari dalam maupun luar negeri, dan postingan tentang kuliner dengan plattingan cantik dan design interior yang unik dari tempat makan tersebut. Juga trend coffee shop yang sedang mewabah saat ini, tempat di mana kaum urban bertemu dengan teman-temannya atau hanya sekedar ‘ngopi-ngopi cantik’ istilah kerennya. Biasanya kaum urban memanfaatkan media sosial sebagai wadah mereka untuk memamerkan gaya hidupnya, dengan mengupdate aktivitas mereka, apa yang mereka lakukan dan dimana mereka berada.

Memang tidak bisa kita pungkiri bahwa Gaya hidup urban saat ini sangat dipengaruhi oleh perkembangan zaman dan teknologi. Namun selain itu ada beberapa kaum urban yang hanya ikut-ikutan demi menjaga gengsi mereka dengan yang lainnya, karna tidak mau dianggap ketinggalan zaman atau merasa malu. Sebagian lainnnya, memang mengikuti arus perkembangan zaman dan melakukannya untuk kesenangan mereka. Terlepas dari itu semua banyak pihak yang merasa diuntungkan, seperti para pengusaha atau pebisnis yang menyediakan fasilitas bagi kaum urban. Sehingga dengan kata lain, gaya hidup ini memberikan pengaruh yang besar bagi perekonomian di Indonesia. Nah, sekarang tergantung dengan kita sebagai kaum urban dalam menyingkapi hal ini.

KONTEN MENARIK LAINNYA
x