Mohon tunggu...
Dara Ayu Nirwana Dewi
Dara Ayu Nirwana Dewi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

If you want to be famous write, if you want to be a leader speak like an orator

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Mahasiswa sebagai Political of Central untuk Membangun Peradaban Bangsa

23 April 2022   18:22 Diperbarui: 23 April 2022   18:28 148 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

MAHASISWA SEBAGAI POLITICAL OF CENTRAL 

UNTUK MEMBANGUN PERADABAN KEBANGSAAN

Menuju kehidupan berbangsa dan bernegara yang berkeadilan dengan dinamika yang berkembang di masyarakat tidak lepas dari kehidupan berpolitik, dengan melakukan analisis psikologis kebangsaan yang terus berkembang, maka kampus adalah salah satu tempat dilahirkannya para anak bangsa yang berwawasan dan mahasiswa sebagai subjek pelaku yang kelak akan meneruskan cita-cita besar dari pendiri bangsa, termasuk cita-cita politik. Maka mahasiswa menjadi penentu arah kebijakan politik yang dinamik, dialektik, dan romantik.

Sejatinya mahasiswa sebagai agent of change memiliki peran yang sangat fundamental untuk membangun perubahan bangsa yang lebih progresif. Selain sebagai agent of change peran mahasiswa juga sebagai agent of analysis dan agent of controling yang mana ketiga peran tersebut sangatlah penting untuk membangun perpolitikan bangsa ini. Seperti apa yang dikatakan oleh Founding Father kita bahwa, "Nation Character Building" merupakan salah satu pondasi politik yang penting dengan tujuan kebahagiaan kita bersama. Karena pada hakikatnya tujuan hidup berbangsa dan bernegara adalah damai, sejahtera, dan bahagia. Maka dari titik inilah kita lahirkan pemimpin bangsa yang berkualitas dan bermartabat.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan