Mohon tunggu...
dany putrahermawan
dany putrahermawan Mohon Tunggu... content writer
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Saya content writer professional

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Apa Itu Market Leader dan Bagaimana Cara Menggoyang Posisinya?

30 Maret 2020   11:21 Diperbarui: 6 Mei 2020   17:04 97 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Apa Itu Market Leader dan Bagaimana Cara Menggoyang Posisinya?
Sumber gambar: 123rf.com

Apa itu market leader ? Seperti yang diketahui memang jika perekonomian Indonesia mengalami pasang surut beberapa tahun terakhir. Beberapa sektor bisnis telah meningkatkan kapasitasnya masing-masing. Salah satu sektor yang paling menjadi perhatian adalah sektor jasa. Berbagai upaya telah dilakukan oleh pengusaha untuk menjadi market leader jasa

Dalam teori bisnis, persaingan dalam pasar pada sebuah negara dapat dikelompokkan menjadi empat. Antara lain pemimpin pasar (market leader), pengikut pasar (market follower), penantang pasar (market challenger), serta relung pasar (market nicher).  Jenis pasar ini dikategorikan sesuai dengan jumlah konsumen dari masing-masing pasar. Pengusaha dengan pasar yang paling besar disebut dengan market eader. Pada artikel kali ini kita akan membahas lebih rinci mengenai market leader pada sektor jasa.

Apa itu Market Leader sektor jasa

Market Leader Jasa adalah sejumlah perusahaan atau bisnis yang telah menguasai sebagian pasar dengan produk jasa yang sejenis. Bisa dikatakan pebisnis pada sektor jasa ini memiliki konsumen yang lebih banyak apabila dibandingkan dengan penyedia jasa sejenis. Salah satu contoh yang dapat kita lihat adalah dengan melihat perusahaan Halo Jasa yang telah menjadi market leader dalam menyediakan jasa service ataupun jasa cleaning service. Jenis market leader menjadi patokan dan orientasi bagi para pesaing dalam memperbesar jumlah pasar mereka. Berikut adalah beberapa hal yang dilakukan oleh halo jasa dalam menggoyangkan pasaran yang sebelumnya dirajai oleh pesaingnya.

  • Meningkatkan Kualitas Dari Jasa Yang Ditawarkan

Tanpa diragukan lagi, Start Up halo jasa telah menjadi perusahaan unicorn yang telah menjadi pilihan utama dalam jasa on demand. Dalam memberikan layanan, halo jasa memberikan kualitas pelayanan yang prima. Salah satunya dapat dilihat dari pemilihan petugas yang sangat selektif, bahkan untuk mendaftar sebagai penyedia layanan, seseorang perlu memiliki keterampilan yang sudah sesuai standar yang ada.

sumber gambar: halojasa.com
sumber gambar: halojasa.com

Cara ini dilakukan untuk menarik konsumen agar menjadi nyaman menggunakan halo jasa. Dapat kita bayangkan dahulunya, ketika disekitar kita penyedia layanan jasa sangat sedikit dan memiliki harga yang sangat mahal. Kehadiran Halo Jasa memudahkan hidup konsumen dalam beraktifitas sehari-hari.

  • Memberikan Diversifikasi Layanan

Meskipun saat ini terdapat berbagai penyedia jasa yang mulai muncul disekitar kita. Pesona halo jasa tidak pudar, karena halo jasa selalu memunculkan inovasi baru. Salah satunya adalah dengan memberikan berbagai layanan baru seperti halo massage dan halo clean. Kemunculan fitur baru pada aplikasi ini membuat konsumen menjadi lebih bersemangat dalam menggunakan aplikasi ini. Halo massage maka akan memberikan jasa pijat langsung ke rumah Anda. Sedangkan untuk halo clean maka kita akan mudah membersihkan rumah melalui aplikasi ini.

sumber gambar: slideshare.net
sumber gambar: slideshare.net

Memberikan variasi pada jasa yang kita tawarkan merupakan salah satu cara untuk meningkatkan jumlah konsumen. Dengan diversifikasi maka jumlah jasa yang kita tawarkan menjadi meningkat.

  • Memberikan Upaya Promosi Yang Bertujuan Kepada Kepuasan Konsumen. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN