Mohon tunggu...
Danur Wind
Danur Wind Mohon Tunggu... Konsultan Kesehatan

Konsultan holistik di Rumah Terapi Khalifa "Pusat layanan terapi fisik dan psikologis" http://rumahterapikhalifa.com/

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Menguak Tabir Misteri Indigo atau Skizofrenia?

18 Maret 2017   12:14 Diperbarui: 18 Maret 2017   12:48 7088 0 0 Mohon Tunggu...

Banyak orang yang memiliki pandangan yang berbeda mengenai fenomena INDIGO, ada yang mengaitkan hal ini dengan "kelebihan" atau "anugerah" yang sifatnya spiritual, ada yang membahasnya terkait dengan masalah kejiwaan atau psikologis atau juga gangguan Jin yang merasuki orang tersebut. Baiklah mari kita coba telusuri bersama-sama diawali dari sisi akar budaya.

Bangsa Indonesia dikenal sebagai bangsa yang  sangat kental memegang tradisi dan budaya leluhur. Berdasarkan kajian historis dari para peneliti, para  pendahulu kita   memeluk kepercayaan animisme dan dinamisme. dimana mereka memegang teguh kepercayaan pada nilai budaya leluhur dan roh nenek moyang. mereka berpendapat bahwa roh nenek moyang senantiasa  mendampingi penerusnya hingga saat ini,  turut serta dalam kegiatan yang bersifat tradisi, ritual-ritual dan aktifitas keseharian, bahkan pada kesempatan tertentu masyarakat adat  masih melakukan ritual pemanggilan roh nenek moyang dalam membuka sebuah kegiatan adat, lalu hadirlah roh nenek moyang tersebut melalui perantara (mediator) dukun atau pemangku adat kemudian memberikan restu/wejangan pada suku adat tersebut.

Ritual-ritual pemanggilan roh, hingga kini masih dilakukan oleh suku adat tertentu di pedalaman. 

Fenomena Indigo dan kesurupan dari kaca mata medis :

Menurut dr. Yusi Capriyanti 

Dalam dunia kedokteran medis tidak ada istilah Indigo dalam ilmu kedokteran. Indigo masih dimasukan dalam kategori "pseudoscience" karena tidak adanya alat medis yang dapat membuktikan kebenaran mengenai kondisi yang mereka alami. Indigo biasanya diketahui sejak masih kecil, mereka pada umumnya memiliki bakat berlebih pada 1 bagian seperti mampu menguasai berbagai bahasa dalam usia muda, melihat hal mistis, berpikiran maju ke depan, sangat genius dan dikategorikan sebagai "anak gifted". Baca topik Indigo Dalam ilmu kejiwaan banyak kasus indigo dimasukkan kedalam gangguan ADHD dan autisme. Namun sekali lagi sulit menentukan batas jelas antara gangguan tersebut atau indigo dalam dunia kedokteran. Jika membaca tulisan Anda dimana saudara yang Anda maksud sudah berusia 19 tahun maka kemungkinan gangguan yang dialami oleh saudara Anda antara lain adalah :

  1. Skizofrenia
  2. Gangguan Kepribadian
  3. Kepribadian ganda
  4. dll.

(Source : Indigo)

Indigo dan Kesurupan dari kaca mata Islam

Fenomena indigo dikaji dari pemahaman keislaman adalah dimana seseorang dapat dimasuki, dipengaruhi, atau dikuasai oleh Jin, sehingga seseorang tersebut mampu "melihat" mendengar,  berkomunikasi dan ber interaksi dengan mereka, sehingga orang tersebut memiliki kemampuan sesuatu yang tidak pernah dipelajari sebelumnya seperti mengobati seseorang, memiliki kecakapan berbahasa tertentu, mampu menerka masa depan dan lain sebagainya.

Dalam aqidah Islam jumhur ulama berpendapat bahwa jin/setan dapat merasuki tubuh manusia, hal ini berdasarkan dalil sebagai berikut :

الَّذِينَ يَأْكُلُونَ الرِّبَا لَا يَقُومُونَ إِلَّا كَمَا يَقُومُ الَّذِي يَتَخَبَّطُهُ الشَّيْطَانُ مِنَ الْمَسِّ ذَلِكَ بِأَنَّهُمْ قَالُوا إِنَّمَا الْبَيْعُ مِثْلُ الرِّبَا

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x