Nama : Lailatul Lutfiatiningsih
NIM Â Â : 49401600628
D3 Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Islam Sultan Agung, Semarang
Dalam materi manajemen pemasaran dikenal istilah STP (Segmenting, Targeting dan Positioning). Dalam ini saya akan membahasnya secara rinci.Â
Untuk mencapai hasil yang baik dalam memasarkan produk, kita harus melakukan segmentasi pasar atas produk yang akan dijual. Segmentasi sendiri merupakan bagaimana proses mengelompokkan orang-orang yang ada dipasar yang sifatnya heterogen kedalam kelompok-kelompok atau menjadi lebih kecil dan lebih homogen. Sifatnya heterogen sedangkan sumber daya terbatas perlu dikeompokkan.
Level segmen meliputi :Â
- Mass (paling besar atau satu untuk semua)Â
- Segmen (lebih kecil dari mass) danÂ
- Niche (lebih kecil dari mass dan niche)
Dasar Pengelompokkan Segmenting :
- Geografi (Wilayah), sesuai kebutuhan jika ingin menjaul ke kota, bangsa dan lain-lain.
- Demografi (Umur, Pendidikan), meliputi status social, daya beli dan jumlah keluarga.
- Psychographics (Kelas Sosial), meliputi gaya hidup dan kepribadian.
- Benefits Sought (Manfaat yang dicari), meliputi nyaman dipakai atau tidaknya.
- Usage Rate (Tingkat Penggunaa), Target.
Setelah menetapkan segmentasi dari suatu produk tersebut, maka langkah selanjutnya yaitu melakukan Targeting atau mengelompokkan segmen pasar. Dengan hal ini maka dalam proses pemaaran harus dilakukan dengan karakteristik yang sesuai sehingga pas dalam sasaran pasar. Â Targeting sendiri merupakan memilih satu atau lebih segmen untuk mendesain operasi pemasaran anda.
Target market meliputi :
- Pertumbuhan Pasar,Â
- Ukuran Pasar,
- Â Kompeni Sumber Daya danÂ
- Kompetisi
Setelah Targeting, maka langkah selanjutnya yaitu melakukan Positioning produk. Positioning merupakan proses menancapkan produk kita dibenak pelanggan. Dengan tujuan agar produk kita selalu ada di top mindnya pelanggan kita.
Positioning yang baik yaitu meliputi :
- Mudah : mudah diingat nama merk
- Simple : manfaat utama
- Bersih : berbeda
- Fleksibel : Terpecaya
- Berkelanjutan : ori atau asli