Mohon tunggu...
Dani Ramdani
Dani Ramdani Mohon Tunggu... Lainnya - Cuma nulis yang ada dipikiran aja

Praktisi rebahan Email : daniramdani126@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Artikel Utama

Suka Maraton Drama Korea? Ketahui Dampak Buruk Binge Watching Alias Maraton Series Film

13 Oktober 2021   09:03 Diperbarui: 14 Oktober 2021   03:05 163 23 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Suka Maraton Drama Korea? Ketahui Dampak Buruk Binge Watching Alias Maraton Series Film
Kenali efek buruk binge wathing bagi kamu yang hobi maraton nonton film seri atau drama. Sumber: Shutterstock via Kompas.com

Aplikasi streaming yang menjamur saat ini memberi kemudahan bagi kita untuk menonton film atau drama yang kita sukai. Bahkan, budget yang dikeluarkan untuk berlangganan film cukup murah.

Hal itu yang membuat aplikasi streaming film begitu digemari oleh anak muda saat ini. Jika tidak sempat ke bioskop karena sibuk, kita bisa menyiasati itu dengan streaming. 

Apalagi jika hari libur, semua kegiatan beres, tinggal diam di atas kasur terus nonton sampai puas. Itu adalah hiburan yang sempurna untuk saat ini. Apalagi jika film tersebut memang favorit. Dengan senang hati kita akan menonton.

Jika film atau drama tersebut terdiri dari beberapa episode, tidak sedikit dari kita suka maraton atau istilah kekiniannya adalah binge watching. Binge berasal dari bahasa Inggris yang berarti pesta mabuk-mabukan. 

Kata binge berbeda arti jika ditambah watching. Binge watching adalah kondisi seseorang di mana menghabiskan banyak waktu untuk menonton banyak series film dalam sekali duduk.

Saya kira semua milenial dan generasi z pernah melakukan binge watching. Apalagi untuk drakor yang memang memiliki banyak episode. Bahkan, tidak sedikit dari kita maraton drakor dalam satu hari.

Teman saya mampu khatam satu season drakor satu atau dua hari. Padahal dalam satu season tersebut terdiri dari belasan bahkan puluhan episode. Tentu kita tahu, satu episode drakor rata-rata satu jam. 

Jadi bisa dibayangkan sehari duduk berapa jam mantengin laptop, mungkin bisa sampai 6-7 jam. Betapa lelahnya anggota tubuh kita jika dipaksa menonton dalam durasi selama itu. Khususnya mata kita. 

Tidak sedikit juga ada yang memposting capaian tersebut. Beberapa penikmat binge watching kerap membagikan momen tersebut di snapgram seakan itu adalah sebuah capaian besar dalam hidup. 

Di balik itu semua, sebenarnya sejak kapan kebiasaan binge watching itu muncul? Kita pasti berpikir bahwa kebiasaan binge watching muncul karena kemudahan akses internet seperti saat ini. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...
Lihat Konten Gayahidup Selengkapnya
Lihat Gayahidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan