Mohon tunggu...
Dani Kurniawan
Dani Kurniawan Mohon Tunggu... karyawan swasta -

Corporate banker with passion in personal finance

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup

FIRA OS Memungkinkan Beli Pulsa Listrik Prabayar Langsung di Smartphone

7 Oktober 2016   16:11 Diperbarui: 7 Oktober 2016   19:51 85
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pengguna PLN Prepaid mungkin pernah merasakan bagaimana susahnya ketika tiba-tiba kehabisan listrik, ya kan? Asumsi dari pengalaman pribadi sih ini.

Kami yang tinggal di kompleks yang dibangun oleh sebuah developer mau tidak mau harus menggunakan listrik prabayar dari PLN yang dinamakan listrik pintar ini. Pintar karena diharapkan kita sudah bisa mengatur sendiri berapa besarnya kebutuhan. Meskipun tidak banyak dengan 300 token yang bisa dipakai sebulan lebih, saya merasakan bagaimana pintarnya listrik prabayar ini. 

Dengan listrik pintar, saya dan istri tidak harus lagi membayar orang untuk antri membayarkan tagihan listrik di loket PLN. Seperti orang tua saya di Surabaya sana yang masih harus membayar orang lain untuk antri. Jadi lebih mahal lagi kan tagihan yang harus mereka tanggung? Hehehe. :D Sementara kalau listrik pintar PLN ya sebesar uang yang saya keluarkan untuk beli saja. 

Memang pinta kan? Iya pintar, sampai saat saya lupa mengisi pulsa dan kehabisan pulsa... Hahaha... Saya akan kembali ke cerita ini lagi nanti. 

Hidup yang Lebih Sederhana dengan Smartphone's Lifestyle Content

Saya mau sedikit lompat ketika waktu saya datang di acara BCA Indonesia Knowledge Forum (IKF) hari pertama di Ritz Carlton PP. Harga tiket masuk yang mahal, Rp. 4,6 juta per tiketnya membuat saya berasumsi bahwasannya brand-brand yang bekerja sama pastilah brand-brand terkenal. Dan benar saja, ada Dewa Web, CISCO, TRAC yang merupakan anggota Astra International, Dunamis dan Prasetiya Mulya. Di antara merek-merek terkenal itu ada FIRA OS! Sebuah sistem operasi baru yang dikembangkan dari Android 5.1.

Ada satu fitur yang sangat menarik perhatian saya dari FIRA OS ini. Di dalamnya, sistem operasi baru ini memiliki bagian terintegrasi yang  disebut FIRA Store. 

FIRA Store mengusung konsep sebagai marketplace yang saat ini ukurannya memang masih kecil. Pengguna smartphone yang menggunakan FIRA OS dapat langsung membeli pulsa listrik prabayar dan beberapa item lainnya di sana. Karena umurnya yang masih baru, selain pulsa listrik, baru pulsa voucher telekomunikasi dan voucher game online aja yang ada di FIRA Store ini. 

Pulsa listrik bisa beli langsung di handphone tanpa harus buka aplikasi internet banking penting banget buat saya. Memudahkan sekali ketika lupa membeli pulsa, sementara ATM jauh dan saldo rekening bank tidak ada. Pembayaran bisa dilakukan dengan menggunakan kartu kredit. :D

Cukup satu fitur, bisa membeli pulsa listrik di smartphone dan perhatian saya pun teralihkan. Hahaha. 

Iya, seperti saya bilang tadi, layanan ini tidak menggunakan mobile banking dari bank sama sekali. FIRA Store sudah langsung terintegrasi di dalam smartphone yang dipakai. Pembayaran yang menggunakan kartu kredit pun memudahkan untuk mengonsoldiasikan semua tagihan keuangan ke dalam satu rekening kartu kredit sehingga pengeluaran keluarga lebih terkontrol.  

Apa Pentingnya Smartphone yang Bisa Membeli Pulsa Listrik Langsung??

Beli Pulsa Listrik Prabayar di Smartphone? Bisa loh lewat FIRA OS!
Beli Pulsa Listrik Prabayar di Smartphone? Bisa loh lewat FIRA OS!
Beli Pulsa Listrik Prabayar di Smartphone? Bisa loh lewat FIRA OS!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gaya Hidup Selengkapnya
Lihat Gaya Hidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun