Mohon tunggu...
Danik Eka Rahmaningtiyas
Danik Eka Rahmaningtiyas Mohon Tunggu... lainnya -

Mahasiswa Pascasarjana Psikologi Terapan Universitas Indonesia, konsentrasi Intervensi Sosial.\r\n\r\nChef of Rumah Tsaqof\r\n\r\nPemulung Sosial

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Agresifitas Perempuan pada Fasilitas Publik Khusus Perempuan

20 Januari 2015   20:33 Diperbarui: 17 Juni 2015   12:44 537
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Oleh : Danik Eka R.

“Ancaman pun ada di ruang khusus perempuan.”

Sore itu hari Jum’at sekitar pukul16.30 WIB, saya mencoba beberapa kali masuk ke KRL Commuter Line jurusan Depok. Ini rutinitas saya setiap berangkat ke kampus. PT. KAI  menyediakan 2 gerbong khusus perempuan pada setiap rangkaian kereta diharapkan mampu memberikan keamanan dan kenyamanan bagi perempuan. Namun terdapat realitas yang menarik, alih-alih mendapat keamanan dan kenyamanan di gerbong khusus perempuan malah perasaan jengkel hingga situasi membahayakan seringkali terjadi.

Naik KRL jam berangkat dan pulang kantor memang jadi waktu-waktu kurang manusiawi, beberapa kali saya harus terbawa kereta karena penumpang naik berebut masuk hingga mendorong kita tidak bisa turun. Penumpang yang akan naik dan turun yang saling dorong sering menyebabkan insiden saling umpat hingga bentrokan fisik. Beberapa penumpang bahkan ada yang sampai jatuh dan terluka. Saat berada di dalam kereta akan susah ditemui senyum dari para penumpang, emosi mudah meledak walau sekedar taksengaja tersenggol atau terinjak.

Banyak keluhan para pengguna KRL digerbong khusus perempuan, beberapa seperti yang dikutip pada berita-berita sebelumnya dalam Kompas News, 8 Agustus 2014. "Saya juga didorong, padahal saya sudah mau duduk. Akhirnya penumpang itu yang mendapatkan bangku," kata Rani. Diana (28), perempuan yang tengah mengandung lima bulan, mengungkapkan bahwa dia sering tidak diberi duduk oleh sesama wanita ketika bangku prioritas telah terisi penuh. "Mereka semua matanya merem dan pura-pura tidak melihat saya. Padahal saya sudah mengelus-ngelus perut," kata Diana. Sehingga pada jam-jam padat seperti ini saya seringkali memilih naik di gerbong umum karena tingkat kepedulian sosial penumpangnya lebih tinggi, padahal perempuan seharusnya lebih empatik.

Hal yang sangat menarik disini adalah kenapa egositik dan agresifitas malah terjadi pada gerbong perempuanyang penumpangnya sama-sama perempuan. Bukan hanya di KRL saja, di busway area khusus perempuan, di antrian kasir, toilet umum, bahkan di tempat-tempat ibadah juga terjadi agesifitas sesama perempuan. Semakin runyam jika perilaku agresi tersebut direspon oleh yang lainnya hingga tak kekerasan pun tak dapat dielakkan. Jadi masalahnya karena perempuan,perempuan dan perempuan? apa ini sebagai bentuk kompensasi perempuan atas status dan perannya yang menuntut banyak hal. Seolah menjadi fenomena logikater balik dari diksi “perempuan” yang cenderung ramah, penyayang, lembut, peduli tergilas begitu saja oleh perilaku agresi di tempat umum.

Agresifitas sebagai setiap tindakan yang dia niatkan untuk menyakiti atau melukai orang lain (Taylor, Peplau, Sears,2009). Pada kasus yang terjadi di ruang-ruang publik tersebut agresifitas ditunjukkan baik dari verbal, non-verbal (tatapan jutek, cemberut, tidak tersenyum, melirik, dll) bahkan hingga tataran perilaku (menyikut, mendorong,menginjak, dll). Perilaku agresi diawali dari perasaan agresif seperti amarah (anger). Namun anger tidak selalu berujung pada perilaku agresif, karena tidak selalu perilaku adalah refleksi dari apa yang kita rasakan. Hampir tidak ada manusia tidak memiliki amarah dalam beberapa situasi, hal ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti serangan, frustasi, ekspektasi pembalasan serta kompetisi.

Serangan (intrusi) dari orang lain mendorong seseorang melakukan tindakan agresi. Seseorang yang didorong oleh orang lain berkali-kali hingga ia hampir keluar dari gerbong, akan menimbulkan kekesalan. Atau saat kita berhenti di lampu merah, diklakson berkali-kali oleh orang dibelakang kita. Serangan-serangan inilah yang akan menimbulkan amarah.

Frustasi disebabkan karena tujuan yang dicapai terhambat atau dicegah. Jam pulang kantor, tujuannya adalah sesegera mungkin pulang ke rumah untuk bertemu keluarga. Karena kepadatan kereta dan penumpang saling dorong akhirnya kita tidak segera mendapatkan kereta yang bisa mebawa kita segera sampai rumah. Sehingga dia juga akan berusaha memaksa masuk saat ada kereta datang, dan saat sudah di dalam gerbong akan memunculkan perilaku agresi. Menurut Taylor, et.Al, (2009), kehidupan keluarga menjadi salah satu sumber utama frustasi. Problem ekonomi menghasilkan level frustasi yang sangat tinggi dalam keluarga. Selain itu suhu lingkungan (panas, gerah, sempit, bising) pada ruang publik menimbulkan ketidak nyamanan dan kejengkelan sehingga meningkatkan ketegangan antar-personal.

Ekspektasi pembalasan, orang yang merasa mampu balas dendam kemungkinan marah terhadap banyak hal lebih tinggi daripada orang merasa lemah (Taylor, 1992). Kemampan untuk membalas dendam ini bukan hanya ditujukan kepada orang-orang sebagai sumber amarahnya, tetapi juga ditujukan kepada orangyang dianggapnya lemah. Sebagai contoh seseorang yang mengalami stress dengan rutinitas rumah tangga namun tidak bisa meluapkannya kepada suami atau anak, stress dengan pekerjaan namun tidak dapat marah kepada bosnya, sementara ditempat-tempat publik dimana seluruh penggunanya adalah perempuan mendorong seseorang merasa mampu membalas setiap hal yang membuat marah sekecil apapun. Tingkat agresifitas akan semakin tinggi apabila terapat fluktuasi dari berbagai jenis kemarahan yang tidak dapat diluapkan sebelumnya. Akhirnya agresfitas difasilitas publik khusus perempuan menjadi bentuk kompensasi atas keberdayaan dirinya.

Kompetisi. Situasi kompetitif sering memicu pola kemarahan, perbantahan dan agresi yang tak jarang bersifat destruktif, sedangkan jika situasinya kooperatif, agresi jarang terjadi (Deutsch, 1993). Coba bayangkan apabila seluruh pengguna fasilitas umum khusus perempuan saling memberikan kesempatan, mematuhi peraturan, menghormati yang lainnya, maka keadaan akan semakin kondusif. Berbeda apabila iklim kompetisi, saling berebut, tidak mematuhi peraturan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun