Mohon tunggu...
Daniel Mashudi
Daniel Mashudi Mohon Tunggu... Freelancer - Kompasianer

https://samleinad.com E-mail: daniel.mashudi@yahoo.com

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Manfaat Internet untuk Wujudkan Pelesiran yang Menyenangkan

30 Juni 2022   00:51 Diperbarui: 30 Juni 2022   01:07 247
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Internet telah menjadi kebutuhan utama bagi kita saat ini. Kita menggunakan intenet hampir di segala bidang. Bisa dibilang, internet harus selalu ada di mana saja dan kapan saja.

Di bidang wisata, internet punya peran signifikan. Manfaat internet di bidang ini antara lain memudahkan kita mulai dari memesan tiket perjalanan dan akomodasi, mencari info kuliner khas suatu daerah, hingga mengunggah foto ke media sosial.

Saya teringat waktu berkunjung ke Bromo pada bulan Maret 2013. Awal mula pelesiran ke destinasi keren di Jawa Timur ini yaitu ketika saya beruntung mendapatkan tiket promo pesawat terbang dengan harga sangat murah. Tiket Jakarta-Surabaya PP saya peroleh dengan harga 60 ribu rupiah  saja.

Tiket saya pesan secara online beberapa bulan sebelum keberangkatan. Tentunya ada perjuangan tersendiri untuk mendapatkannya, yaitu harus bisa beradu cepat dengan para pemburu tiket murah lainnya. Jaringan internet yang stabil dan cepat menjadi kunci keberhasilannya.

Di suatu kesempatan lain, saya tengah mempersiapkan pelesiran ke Yogyakarta. Saya mencari penginapan dengan suasana pedesaan yang alami. Saya browsing untuk mendapatkan penginapan dengan kriteria tersebut.

Akhirnya saya berhasil menemukan sebuah penginapan yang berada di Desa Wisata Tembi, Bantul. Saya segera melakukan booking penginapan melalui layanan aplikasi pemesanan online. Internet benar-benar memudahkan saya menemukan apa yang saya mau.

Pengalaman menyenangkan pun saya dapatkan saat menginap di Desa Tembi pada tahun 2017. Saya menikmati suasana rumah penginapan dengan arsitektur Jawa (rumah joglo) yang menawan. Tak hanya itu, keesokan harinya saya juga sempat berjalan kaki menikmati suasana khas desa tersebut.

Tentunya masih banyak contoh manfaat internet agar pelesiran menjadi menyenangkan. Seperti mencari informasi destinasi wisata di Belitung, kuliner lezat khas Cirebon, akses menuju Gunung Padang di Cianjur, dan yang lainnya.

Selain mencari informasi terkait wisata, saya kerap membagikan pengalaman saya ke dunia maya. Yaitu melalui unggahan foto dan tulisan di blog dan media sosial (Instagram, Facebook, Twitter).

Kegiatan mencari dan membagikan informasi wisata ke jagad maya membutuhkan internet dengan kualitas bagus. Telkom Indonesia menjawab kebutuhan tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun