Mohon tunggu...
Daniel Kalis
Daniel Kalis Mohon Tunggu... Freelancer - Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Ingin meraih mimpi lewat untaian kata-kata

Selanjutnya

Tutup

Digital Pilihan

Sejarah Internet dan Pembelajaran Daring di Dunia dan Indonesia

3 September 2021   15:05 Diperbarui: 3 September 2021   15:15 288 6 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sejarah Internet dan Pembelajaran Daring di Dunia dan Indonesia
Sumber: interestingengineering.com

Internet saat ini menjadi kebutuhan bagi hampir semua orang. Pandemi yang terjadi mengharuskan kita untuk berkomunikasi dan melakukan aktivitas secara daring.

Banyak sektor yang kini mulai beralih menggunakan sistem daring seperti pendidikan, telekomunikasi, perdagangan, dan lain sebagainya.

Sejak awal abad ke-21, internet terus berkembang dengan pesat. Kehadiran media sosial, lokapasar, maupun online conference merupakan sedikit contoh dari perkembangan ini.

Namun, bagaimana sebenarnya awal mula internet berasal? 

Sejarah Perkembangan Internet

Internet merupakan singkatan dari Interconnected Network, sebuah sistem jaringan komputer yang terhubung secara global menggunakan IP atau Internet Protocol. Internet memungkinkan kita untuk berkomunikasi dengan siapa saja dan di mana saja tanpa mengenal batas ruang dan waktu.

Jika kita tarik garis mundur, sejarah internet berawal dari peluncuran sebuah satelit bernama Sputnik pada tahun 1957. Satelit ini dimiliki oleh Uni Soviet. 

Sputnik 1, satelit pertama yang meluncur ke angkasa. Sumber: nasa.gov
Sputnik 1, satelit pertama yang meluncur ke angkasa. Sumber: nasa.gov
Amerika Serikat (AS) segera merespon dengan membentuk Advanced Research Projects  Agency (ARPA) oleh Departemen Pertahanan mereka. Tujuannya, sebagai sarana pengembangan sains dan teknologi di bidang militer.

ARPA kemudian mengalami perkembangan menjadi ARPANET (Advanced Research Project Agency Network). Proyek ini awalnya bertujuan untuk menghubungkan komputer-komputer di daerah vital dan menghindari informasi  terpusat. ARPANET juga sekaligus menjadi cikal bakal dari Internet Protocol

Medio 1970-an menjadi masa keemasan ARPANET dengan adanya host serta koneksi yang mulai digunakan di banyak universitas. Saking banyaknya universitas yang ingin bergabung, ARPANET kemudian dipecah menjadi dua, yakni "MILNET" yang melayani kebutuhan militer dan "ARPANET" untuk non-militer.

Penggabungan dua jaringan ini dikenal sebagai DARPA Internet yang kemudian sering disingkat menjadi Internet.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...
Lihat Konten Digital Selengkapnya
Lihat Digital Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan