Mohon tunggu...
Daniel ChristianHadi
Daniel ChristianHadi Mohon Tunggu... Lainnya - SMA

ENFP

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Hominisasi Universitas Katolik Parahyangan

30 November 2022   22:07 Diperbarui: 30 November 2022   22:14 85
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Sebelum gladi hominisasi dimulai, saya diberikan tugas yaitu mengenai pendapat saya terhadap lagu Indonesia Raya 3 stanza, video pilihan, dan pandangan terhadap anak muda. Tugas yang diberikan tidak terlalu susah akan tetapi membuat saya mempertanyakan kebali hal-hal kecil seperti, mengapa harus mencintai Indonesia, mengapa sebagai generasi muda harus benar-benar bijak dalam mengatur sosial media hingga masuk kedalam permasalahan iklim. 

Gladi hominisasi pun dimulai selama jangka waktu yang cukup panjang yaitu mulai dari 08.00 hingga 13.00, namun tidak terasa karena disana saya tidak hanya mendengarkan orang berbicara seperti webinar akan tetapi berkumpul dalam kelompok dan membahas topik yang sudah diberikan. 

Bertemu dengan orang-orang baru awalnya sangat susah apalagi hanya bertemu secara online maka komunikasinya juga tidak senyaman secara langsung, akan tetapi dengan kesadaran akan tanggung jawab yang diberikan mendorong saya untuk berkomuniaksi dalam penyelesaian tugas yang diberikan. Kemampuan dasar seperti berkomunikasi, logika, penggunaan bahasa, nada juga saya pelajari saat berada di gladi hominisasi. 

Logika dan bahasa menjadi aspek yang penting dalam bersosialisasi antar sesama, kemampuan untuk menjelaskan secara runtun membutuhkan logika agar bisa menjabarkannya; sedangkan kemampuan bahasa tentunya sudah banyak diketahui akan tetapi penggunaan bahasa yang baik dan benar juga menjadi perhatian dan saat tersebutlah saya belajar dalam mengelolah bahasa yang baik dan benar saat melakukan komunikasi maupun presentasi. 

Setelah gladi hominisasi selesai, saya mempelajari berbagai hal seperti kemampuan berkomunikasi, berlogika, berpikir kritis, serta kemampuan dalam bekerja di kelompok. Kemampuan-kemampuan diatas menjadi hal yang penting dalam perkuliahan maupun kehidupan sehari-hari, dengan adanya hominisasi ini membantu saya untuk mengingatkan ulang terhadap hal-hal yang mungkin saya anggap sepele pada dulu dan saat sekarang menjadi hal yang penting. 

Banyak cara dapat dilakukan untuk mengasah kemampuan-kemampuan tersebut yaitu dalam bekerja sama di kelompok serta  juga membaca buku untuk melihat bahasa-bahasa yang baik dan benar maupun kemampuan berlogika, serta saya merefleksikan diri untuk mengurangi penggunaan sosial media karena dampaknya yang cukup buruk bila digunakan secara berlebihan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun