Setiap tahun, mahasiswa Ilmu Komunikasi President University di Cikarang yang memasuki semester 5 perkuliahan akan mengadakan suatu kegiatan bernama Communication Stride atau CommStride. CommStride merupakan sebuah kegiatan untuk mahasiswa yang mengambil konsentrasi atau mata kuliah elektif public relations untuk mempraktikkan langsung pengetahuan teori yang telah diajarkan sebagai mahasiswa Ilmu Komunikasi dalam kegiatan kampanye nyata.
Tahun ini, salah satu kampanye yang digaungkan pada CommStride 2025 adalah kampanye gaya hidup sehat sebagai bentuk implementasi dari Sustainable Development Goals (SDGs) No. 3: Good Health and Well-being atau Kehidupan Sehat dan Sejahtera. Kampanye ini diberi judul Break Free Run 2025, yang juga menjadi event lari santai yang diadakan pada Minggu (11/5) silam. Dengan slogan "Live Healthier, I'm Happier" dan #SayNoToMager, para mahasiswa menyuarakan pentingnya gaya hidup sehat dengan berolahraga seperti lari.
 "Sekarang kan trending lagi ya, orang pada lari dan ikut komunitas lari. Banyak dari mereka yang update progress-nya di Instagram, ikutan event lari. Tapi di saat yang sama banyak juga yang belum mulai olahraga atau lari. Kita mikirnya pasti seru kalau kita buat Break Free Run ini, untuk promosi gaya hidup sehat dan buat orang aware kalau lari itu seru, lho," ujar salah satu mahasiswa yang terlibat sebagai panitia Break Free Run 2025.
Melalui akun Instagram @commstride, tim Break Free Run mempromosikan kampanye mereka dengan berbagai konten seperti penjualan tiket, challenge di Instagram Story seperti Strava Challenge untuk menunjukkan progress lari di aplikasi Strava, dan berbagai konten menarik lainnya. Penjualan tiket Break Free Run 2025 dibagi menjadi empat kategori penjualan, yaitu early bird, pre-sale, normal price, dan special price, dengan potongan harga untuk kalangan mahasiswa. Kampanye ini mengajak komunitas lari Turu Runners, Radjak Hospital Jababeka, Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kedokteran President University, dan EcoPark Jababeka sebagai community partner dan disponsori jenama terkenal seperti Pocari Sweat, Kalbe, Oishi, Kimia Farma, Hokben Indonesia, Dadar Beredar, dan masih banyak lagi.
Banyaknya tantangan di tengah persiapan kampanye dan event Break Free Run 2025 tidak membuat para mahasiswa ini cepat goyah. Terbukti dari ratusan orang yang antusias mendaftar menjadi peserta lari dan mengikuti sesi senam serta banyaknya sponsor dan media partner yang mendukung event ini.
Mohammad Shihab, salah satu dosen Ilmu Komunikasi President University yang juga berkecimpung di dunia PR turut memberikan komentar mengenai kegiatan ini. "Break Free Run 2025 ini kegiatan olahraga paling besar ya sepanjang CommStride. Sponsornya paling rame, banyak yang semangat ikut lari dan senam," ungkapnya saat diwawancara oleh tim Break Free Run 2025. Beliau melanjutkan dengan bangga, "Keren banget. Saya sangat impressed, semoga dapat memberikan impact yang positif dan bisa diteruskan di CommStride tahun depan."
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI