Mohon tunggu...
Dandi Wahyu Pratama SE
Dandi Wahyu Pratama SE Mohon Tunggu... Wiraswasta - Penulis/Insan Cita/Sekjen HPP Muratara/CEO Sinergi Institute/Badko HMI Sumbagsel

Dandi Wahyu Pratama atau yang akrab disapa 'Danaz' yakni Dandi Nazor merupakan pemuda energik berdarah Muratara, lahir pada 6 Nopember 1998 di Desa SURGA Batu Gajah, Kecamatan Rupit. Memiliki interesting yang amat besar di dunia jurnalistik, karya tulis ilmiah, berpidato dan jago memasak, terutama makanan khas Tanah Kelahiran nya. Anak bungsu dari three brothers ini selalu menjadi Ketua Kelas dan kokoh di 2 besar kelas semasa di SD N 2 Batu Gajah, Ketua OSIS SMP N Maur tahun 2011-2012 dan Wakil Ketua OSIS SMA N 3 Lubuklinggau tahun 2014-2015. Semasa SMP menjadi utusan lomba pidato bahasa Inggris mewakili Kecamatan Rupit di Dinas Pendidikan Musi Rawas pada tahun 2012 yang dibina oleh Pak Didin Sumiyardi. Pun semasa SMA memperoleh juara I Pidato tingkat SMA/SMK/MA se-Kota Lubuklinggau pada tahun 2017 yang diadakan oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Lubuklinggau dengan guru kesayangan yang terus membinanya Bunda Dian Purnama. Alumni International Class dari Prodi Ekonomi Syari'ah 2016 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN RADEN FATAH PALEMBANG saat ini aktif di BADKO HMI SUMBAGSEL, KONI Kota Palembang, Founder Forum Kito Pacak dan CEO Sinergi Institute. Dengan mottonya 'Kito Pacak Man Kito Galak' ia memiliki semangat bersama lingkungan sekitar nya untuk terus Mengukir Sejarah, Menguatkan Persaudaraan dan Memajukan Tanah Kelahiran dengan ide, gagasan dan karya nyata baik itu melalui tulisan, prestasi dan aksi menginspirasi lainnya.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Welcome To G20 2022, Dunia dalam Genggaman Indonesia!

31 Juli 2022   23:49 Diperbarui: 1 Agustus 2022   00:00 61 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Presidensi G20, Wujud Kolaborasi Bank Indonesia untuk Menjadikan Indonesia Super Power

Indonesia is the most beautiful land in the universe
Indonesia is not just wonderful

Indonesia is a wonderland
(Petikan lagu Wonderland Indonesia,karya Alffy Rev)

Indonesia dikenal dunia sebagai bangsa yang lahir dari tinta emas gotong royong dan penduduknya yang ramah tamah dan mudah tersenyum. Ini dibuktikan 77 tahun kemerdekaan kita dihasilkan oleh keringat dan semangat kegotongroyongan yang tak pernah padam mulai dari DNA nya Sumpah Pemuda 1928 dimana lagu Indonesia Raya pertama kali dikumandangkan.

Semula lahir dari rahim sinergi (silaturahmi energi) Jong Java pada 1918, lalu Jong Sumatera Bond yang didirikan oleh tokoh fenomenal Adnan Kapau Gani yang menjadi Gubernur pertama Sumatera Selatan dalam sejarah, dan menjelma Jong Indonesia pada 20 Februari 1927.

Saat ini Indonesia dengan leading sector-nya Bank Indonesia terus bersolek untuk menjamu para 'pemain utama' dunia di panggung strategis G20 yang sudah berlangsung sejak 1 Desember 2021 di Jakarta, Palembang dan beberapa kota besar lainnya serta acara puncak pada KTT di  Bali pada 15-16 Nopember mendatang.

Acara super spesial yang bertabur bintang ini akan dihadiri oleh para pemangku kebijakan 19 negara dunia yang menguasai 60 persen populasi dunia dari berbagai sektor kehidupan dengan fokus untuk  Recover Together Recover Stronger, Pulih Bersama lalu Bangkit Perkasa.

Tentu fokus utama yang dibahas sebagaimana disampaikan oleh Menkominfo RI Johnny G Plate mengenai tiga hal: Pertama, pemulihan ekonomi dan kesehatan pasca pandemi Covid-19 dan konektivitas Pemerintah global. Kedua, Mendorong penuh literasi digital untuk naik kelas menjadi masyarakat global. Ketiga, arus data lintas negara.

Untuk diketahui Indonesia sebagai 'pemegang palu kebijakan' memilih Candi Prambanan sebagai logo G20 kali ini.  Menkominfo Johnny G. Plate menyampaikan maknanya bahwa keberadaan Candi Prambanan sebagai bukti harmoni dalam keragaman dan resiliensi di Indonesia, serta menjadi salah satu inspirasi dan semangat yang dibawa dalam Presidensi G20 Indonesia di tahun 2022.

Sepanjang sejarah, Candi Prambanan terus menghadapi bencana besar. Namun, karena upaya kolaboratif para leluhur bangsa Indonesia terdahulu, candi ini telah bertahan menghadapi tantangan dan bahkan tumbuh signifikansinya," kata Johnny dalam Gala Dinner bersama Delegasi DEWG G20 di Candi Prambanan, Sleman, Yogyakarta, dikutip Kamis (19/5/2022).

Johnny mengibaratkan ketangguhan Candi Prambanan menghadapi tantangan dengan kondisi terkini, bahwa tantangan bisa dihadapi dengan kolaborasi. "Kita harap dengan Presidensi G20 Indonesia ini, kita bisa bertahan menghadapi masa sulit ini. Sesuai tema besar nya Recover together, recover stronger,"

Ditinjau dari berbagai bidang, Indonesia sebagai tuan rumah menjadi ukiran sejarah anak bangsa yang teramat sakral dan takkan terlupakan, dimana kita harus mengakui dan sangatlah tidak berlebihan jika 'dunia dalam genggaman Indonesia'. Ini terbukti dari perang Rusia-Ukraina, Presiden Indonesia Jokowi bersama Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menegaskan bahwa Indonesia tidak berpihak kemanapun, bahkan Presiden Jokowi dengan Trengginas dan berani mengunjungi langsung Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di Kyiv pada 29 Juni 2022 dan bertemu Presiden Putin di Istana Kremlin Moskwa Rusia pada 30 Juni 2022 lalu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan