Mohon tunggu...
Amakusa Shiro
Amakusa Shiro Mohon Tunggu...

A masterless Samurai

Selanjutnya

Tutup

Hiburan Pilihan

Akira, Animasi Fiksi Sains dan Perang Dunia Ke-3

3 Oktober 2017   23:09 Diperbarui: 4 Oktober 2017   00:06 3319 6 3 Mohon Tunggu...
Akira, Animasi Fiksi Sains dan Perang Dunia Ke-3
(moviepilot.com)

Konflik yang memanas antara Amerika (dan sekutunya) dengan Korea Utara sedang hangat dibicarakan akhir2 ini. Bahkan ada yang memprediksi bahwa konflik itu bisa memicu Perang Dunia ke-3 (selanjutnya ditulis PD3).

Memang mengerikan untuk membicarakan, apalagi membayangkan tentang apa yang akan dan bisa terjadi dalam PD3 dan bagaimana keadaan dunia sesudahnya. Kita tentu berharap dan berdoa, semoga saja hal itu tidak akan terjadi.

Akan tetapi, kalau ada pembaca yang penasaran dengan bagaimana keadaan setelah PD3, mungkin film animasi lawas yang berjudul Akira bisa memberikan gambaran tentang bagaimana kedaan dunia setelah PD3.

Film animasi Akira

Akira awalnya adalah manga yang dibuat oleh Ootomo Katsuhiro, artis manga yang juga penulis cerita sekaligus juga sutradara film. Manga Akira pertama kali dimuat secara berseri di majalah komik mingguan Young Magazine mulai Agustus 1982 dan berakhir tahun 1990.

Kemudian pada tahun 1988, animasi yang dibuat berdasarkan manga tersebut ditayangkan di bioskop. Ending dari animasinya berbeda dari versi manga, karena animasi dibuat dan ditayangkan sebelum seri manga-nya di majalah komik berakhir. Biaya yang dihabiskan untuk membuat animasinya cukup fantastis yaitu sekitar 1 miliar yen, dengan pengerjaan yang memakan waktu sekitar 3 tahun.

Akira mengisahkan peristiwa yang terjadi di tahun 2019, yaitu 31 tahun setelah bom jenis baru diledakkan di daerah Kanto pada Juli 1988, yang kemudian memicu PD3. Keadaan Tokyo setelah PD3, hancur lebur, sehingga dibangunlah megapolitan baru dengan nama "Neo Tokyo" dengan lokasi di teluk Tokyo. Tokyo "lama" yang hancur dinamakan kyuushigai  (kota lama/tua).  Neo Tokyo sedang mempersiapkan Olimpiade, yang akan dilaksanakan pada tahun 2020.

Ya, Olimpiade tahun 2020 !

Ini adalah fakta yang menarik. Karena kenyataanya, saat ini Tokyo memang sedang mempersiapkan diri untuk pelaksanaan Olimpiade musim panas tahun 2020. Suatu kebetulan bukan ? 

Mungkinkah Ootomo sebagai pengarang manga Akira, dia mempunyai kekuatan supernatural (kekuatan yang juga menjadi fokus manga/animasi ini) sehingga bisa meramalkan apa yang akan terjadi di masa datang, terutama tentang pelaksanaan Olimpiade ?

Ledakan yang terjadi di pusat Tokyo (stanleylieber.com)
Ledakan yang terjadi di pusat Tokyo (stanleylieber.com)
Ringkasan jalan cerita

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x