Mohon tunggu...
Johanes Danang Widoyoko
Johanes Danang Widoyoko Mohon Tunggu... Peneliti dan konsultan lepas

Penduduk Tangerang Selatan

Selanjutnya

Tutup

Kandidat

Ade Irawan untuk Tangsel

1 Juli 2019   10:51 Diperbarui: 1 Juli 2019   11:10 0 0 0 Mohon Tunggu...
Ade Irawan untuk Tangsel
sumber: sindonews.com

Ketika beberapa teman di Tangerang Selatan (Tangsel) melontarkan rencana untuk mendukung Ade Irawan sebagai kandidat Walikota Tangsel 2020-2025, saya langsung memberikan dukungan penuh. Saya belajar dan bekerja bersama dengan Ade Irawan di Indonesia Corruption Watch (ICW) sejak tahun 2001 sehingga saya mengenal Ade dengan baik. Ada tiga pertimbangan penting mengapa Ade pantas dan layak mendapat dukungan untuk menjadi Walikota Tangsel.

1. Ade Irawan adalah sosok pekerja keras dan bisa dipercaya. Dua aspek ini penting untuk jabatan politik seperti walikota. Memimpin kota yang dinamis seperti Tangsel dibutuhkan sosok pemimpin yang mampu bekerja keras, bukan pemimpin yang minta dilayani dan membiarkan birokrasi berjalan sendiri.

Ade adalah orang yang jujur. Bekerja bersama dengan Ade Irawan sejak 2001 memberikan bukti kepada saya, Ade adalah orang yang jujur dan bisa dipercaya omongannya. Hal ini penting karena banyak politisi sulit dipegang omongannya. Banyak contoh politisi yang ingkar janji, bahkan menjilat ludah sendiri. Ade Irawan bukan pemimpin seperti itu.

2. Ade Irawan adalah sosok yang berintegritas. Keterlibatannya di ICW sejak 2001 hingga 2018 memberikan bukti integritasnya. Ia bukan hanya bekerja untuk memberantas korupsi, tetapi Ade juga menerapkan prinsip anti-korupsi dalam kehidupannya sehari-hari. Kerja bersama Ade hingga belasan tahun menyakinkan saya bahwa Ade Irawan memiliki standar integritas yang tinggi, modal yang berharga dalam politik di Indonesia.

3. Ade Irawan melanjutkan semangat dan gairah baru dalam politik di Indonesia. Terpilihnya Jokowi sebagai Gubernur Jakarta 2012 dan kemudian Pilpres 2014, serta munculnya banyak Kepala Daerah reformis menandai perubahan penting dalam politik di Indonesia. Seorang pemimpin harus teruji dan berprestasi jika ingin dipromosikan ke jabatan yang lebih strategis. 

Jabatan politik kini bukan lagi milik anak orang kaya atau mereka yang berasal dari elit, melainkan bagi mereka yang telah menunjukkan prestasi. Ade Irawan telah teruji dan mampu menorehkan prestasi sebagai aktivis anti-korupsi. Dengan prestasinya, Ade Irawan layak mendapat dukungan untuk menjadi Walikota Tangsel.

Kini waktu yang tepat bagi Ade untuk menjawab tantangan baru. Setelah berhasil membesarkan ICW, kini saatnya ia pindah ke bidang baru. Walikota Tangsel adalah medan pembuktian baru bagi Ade. Dengan track record, komitmen dan integritasnya, Ade Irawan adalah sosok yang tepat bagi Tangerang Selatan.