Mohon tunggu...
Dailymonthly
Dailymonthly Mohon Tunggu... Freelancer - Just Another Blog

Budayakan Membaca Dailymonthly | Prima H. I have been writing for over 10 years. I have written on various topics such as politics, technology, and entertainment. However, my true passion lies in writing about comprehensive analysis and from various points of view. I believe that writing from multiple perspectives allows me to explore my subjects, settings, and moral gray areas from a wider variety of perspectives, which sustains complexity and keeps the reader interested. I have written several articles on this topic and am considered an expert in the field.

Selanjutnya

Tutup

Travel Story Pilihan

Perjalanan Menyusuri Sungai Kapuas di Indonesia

25 Juni 2023   19:05 Diperbarui: 28 Juni 2023   18:17 355
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi (Bing Image Creator)

Perjalanan Menyusuri Sungai Kapuas di Indonesia

Petualangan seorang pria berkulit cokelat di sungai terpanjang di Kalimantan, di mana ia bertemu dengan kunang-kunang, makhluk halus, dan budaya yang beragam.

Saya selalu percaya bahwa cara terbaik untuk mengenal sungai adalah dengan mendayungnya, merasakan arus bawah dan kecepatannya, serta menikmati perubahan alam di tepiannya. Saya ingin menjelajahi keindahan Sungai Kapuas di Indonesia, yang telah mengilhami imajinasi beberapa seniman terbesar di dunia, seperti Gauguin dan Matisse. Nama "Kapuas" adalah kata dalam bahasa Indonesia yang berarti "terpanjang", mengacu pada statusnya sebagai sungai terpanjang di Kalimantan. 

Namun, sungai ini lebih dari sekadar sungai, sungai ini merupakan sumber kehidupan, menyusut selama musim kemarau hingga tepiannya terekspos dan kering di bawah sinar matahari, hanya untuk kembali lagi saat musim gugur, hidup kembali, membanjiri ladang-ladang, menyehatkan negara dengan air, ikan, dan tanah yang subur. Kapuas tidak pernah mengecewakan masyarakat Indonesia. Di sinilah mereka mandi, minum, dan bepergian. Tak terpisahkan dari kehidupan budaya mereka, sungai ini adalah kegembiraan mereka.

Jadi saya pun berangkat untuk menjelajahi Kapuas, jalur kehidupan bersejarah di Indonesia, dengan mengayuh kano sejauh 340 mil (550 kilometer). Perairannya hangat dan mengundang saat saya menaiki kano kayu berwarna hijau di dekat Putussibau dan mendorongnya ke arus yang lembut, air biru jernih yang berkelok-kelok dengan anggun menuju pegunungan di kejauhan. Burung-burung raja yang bertengger di dahan-dahan pohon melesat ke dalam air, bulu-bulunya yang cerah berkilauan di bawah sinar matahari.

Peradaban dengan cepat berlalu saat saya meninggalkan Putussibau di belakang saya, dan kecuali sesekali seorang nelayan yang melemparkan jala ke dalam kolam, saya memiliki hamparan sungai dan langit untuk diri saya sendiri.

Ketenangan di sekeliling saya mencerminkan sejarah Indonesia baru-baru ini. Saat ini, negara ini dirayakan sebagai tempat di mana demokrasi berakar setelah beberapa dekade pemerintahan otoriter. Indonesia adalah negara yang terdiri dari ratusan kelompok etnis yang pada tahun 1945 mendeklarasikan kemerdekaannya dari penjajahan Belanda dan menggunakan nama Indonesia, yang berarti "Kepulauan Hindia".

Pada tahun 1998, setelah protes dan kekerasan yang meluas, Presiden Suharto turun dari kekuasaan dan mengantarkan era baru reformasi politik dan desentralisasi. Sejak saat itu, Indonesia telah menyelenggarakan beberapa kali pemilihan umum yang bebas dan adil dan telah membuat kemajuan dalam menyelesaikan beberapa konflik yang telah berlangsung lama dengan gerakan-gerakan separatis. Tahun lalu, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memenangkan masa jabatan kedua dengan kemenangan besar.

Tentu saja sejarah penuh harapan inilah yang menemani saya di sepanjang Kapuas saat saya melakukan perjalanan panjang ke laut, dan yang memberikan penjelasan mengapa pemandu lokal saya, Rama, yang mengikuti di belakang saya setiap hari dengan perahu bermotor, mengatakan kepada saya bahwa saya tidak boleh berbicara dengan siapa pun tentang politik atau agama. Tentunya hal ini membantu menjelaskan mengapa sebagian besar wilayah Indonesia terbuka bagi para turis, yang disambut dengan rute yang beragam mulai dari ibu kota Jakarta hingga Bali dan hutan hujan Kalimantan. Menyimpang dari rute ini-untuk mendayung kano menyusuri sungai-memicu rasa ingin tahu.

Rama, 33 tahun, bekerja di Kementerian Kebudayaan dan akan berbagi cerita tentang saya dengan teman-teman dan keluarganya di sepanjang sungai selama lima minggu ke depan. Dia adalah pria yang ramah dan ceria yang bercerai beberapa hari sebelum saya tiba. Dia tahu bahwa ini adalah perjalanan yang saya bayangkan, dan dia dengan senang hati membantu. Kami membuat kesepakatan: Dia menyimpan perahunya di dekat saya sehingga saya bisa mendayung dengan jaminan keamanan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun