Mohon tunggu...
Daffa Gilang
Daffa Gilang Mohon Tunggu... Mahasiswa Undip

Universitas Diponegoro

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Mahasiswa Undip Berikan Penyuluhan Mengenai Gangguan Kecemasan Akibat Pandemi Covid - 19

8 Agustus 2020   17:01 Diperbarui: 8 Agustus 2020   17:14 42 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswa Undip Berikan Penyuluhan Mengenai Gangguan Kecemasan Akibat Pandemi Covid - 19
123069-5f2e7784097f3650b663e064.jpg

Bekasi (08/08/2020) - Saat ini pelaksanaan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim II periode 2020 Universitas Diponegoro dilakukan berbeda dari tahun - tahun sebelumnya, dikarenakan adanya pandemi Covid - 19 yang membuat pelaksanaan kegiatan cukup berbeda, dimana saat ini pelaksanaan kegiatan KKN dilaksanakan secara individu di daerah masing - masing untuk menghindari penyebaran virus Covid - 19. Maka dari itu dalam kegiatan KKN kali ini mahasiswa berperan dalam memberdayakan masyarakat di lingkungan tempat tinggalnya dengan membuat sebuah inovasi program berdasarkan disiplin ilmu sesuai jurusan kuliah masing - masing.  

Salah satu permasalahan yang dihadapi oleh individu selama pandemi ini yaitu kecemasan, dimana akibat yang ditimbulkan oleh pandemi ini sendiri tidak hanya berdampak pada kesehatan individu, namun juga berdampak pada kesehatan mental individu. Dimana akibat adanya kekhawatiran terhadap paparan virus Covid 19 ini dan banyaknya informasi yang membuat cemas menjadikan individu memiliki gejala gangguan kecemasan dimana hal ini berdampak pada keseharian individu yang membuat individu menjadi mudah marah, merasa tertekan, sulit fokus, dan stress.

Untuk mengurangi dampak kecemasan selama pandemi Covid 19 ini perlu adanya strategi untuk mengatasi kecemasan masing - masing individu dengan metode yang dianggap paling sesuai oleh individu. Maka dari itu mahasiswa KKN Undip berinisiatif untuk memberikan penyuluhan dan pencerdasan mengenai apa itu gangguan kecemasan, jenis gangguan kecemasan, dan strategi untuk mengurangi kecemasan.

Penyuluhan program untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai gangguan kecemasan

123067-5f2e7779097f365b06773424.jpg
123067-5f2e7779097f365b06773424.jpg
Pembuatan program  ini dilakukan oleh Daffa Gilang Baskara mahasiswa KKN Tim II Undip periode 2020 bimbingan Ir. Kustopo Budiraharjo, M. P. yang saat ini sedang melaksanakan KKN di Kampung setu RT 02 RW 02, Kelurahan Bintara Jaya, Bekasi Barat. Dalam proses pembuatan program sendiri diawali dengan survei yang dilakukan dengan menggunakan skala psikologi yang sudah teruji validitas dan reliabilitasnya yaitu, skala Hamilton Anxiety Rating Scale (HARS) untuk mengetahui tingkat kecemasan warga selama pandemi Covid -- 19 berlangsung. Materi dari program ini sendiri memuat pembahasan mengenai apa itu kecemasan, jenis kecemasan, gejala kecemasan, dan cara mengatasi kecemasan dimana dalam cara mengatasi kecemasan terdapat pembahasan beberapa metode seperti mindfullness, teknik relaksasi progresif, dan teknik relaksasi guide imagery yang dilengkapi oleh link video untuk memudahkan dalam mengikuti arahan relaksasi. Untuk materi dari program penyuluhan sendiri bersumber dari literatur dalam bidang psikologi seperti jurnal dan buku. Dalam penyampaian program dilakukan dengan penyebaran melalui media sosial dan secara door to door

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x