Mohon tunggu...
Dadang Somantri
Dadang Somantri Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Mahasiswa pecinta alam

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Universitas Buana Perjuangan Karawang Kirimkan Tim Evakuasi Gempa Cianjur

27 November 2022   09:47 Diperbarui: 1 Desember 2022   15:19 138
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

*UBP Karawang Kirimkan Tim Evakuasi Gempa Cianjur*

Bencana alam gempa bumi terjadi di beberapa daerah dan menimbulkan kerusakan serta banyak korban jiwa di Cianjur Jawa Barat, dimulai pada 21 November 2022 dengan magnitudo 5,6, setelahnya gempa susulan seringkali terjadi dan terus mengkibatkan kerusakan.

Kondisi tersebut membuat banyak pihak dari berbagai daerah berbondong-bondong membantu korban di Cianjur Jawa Barat. Tak terkecuali Civitas Akademika Universitas Buana Perjuangan (UBP) Karawang.

Sejak H + 1 terjadi gempa, UBP Karawang menurunkan 6 personil yang merupakan anggota Mahasiswa Pecinta Alam (Mahapala) UBP yang tersertifikasi tanggap darurat untuk membantu evakuasi dan melakukan assesment kebutuhan logistik para  korban. Setelah 4 hari berlangsung kemudian tim ke 2 di datangkan 10 personil yang konsen dalam penanganan trauma healing, medis  dan pendistribusian logitik yang terdiri dari perwakilan mahasiswa dari berbagai fakuktas di UBP Karawang.

Koordinator tim relawan Oo Iskandar mengatakan "kami sudah 6 hari ditugaskan disini, setiap hari dilokasi selalu terjadi gempa susulan dan hujan deras di setiap sorenya. Banyak warga yang tertimpa reruntuhan dari luka ringan sampai berat bahkan meninggal dunia . Tim membantu evakuasi korban, mendirikan posko pengungsian, distribusi logistik , kesehatan dan trauma healing"

"Mayoritas kondisi kesehatan masyarakat mengalami demam, batuk dan flu. Dan setelah beberapa hari terjadi gempa susulan dilokasi gempa terjadi krisis air bersih. Sampai dengan hari ini kebutuhan mendesak diantaranya logistik bahan makanan, tenda, pakaian, obat-obatan, dan material bahan bangunan" tutur nya.

Kabarnya tim Mahapala UBP Karawang akan terus membantu di lokasi bencana, selama persediaan dan bantuan terus di lakukan di Karawang dalam bentuk penggalangan donasi.

Dok Pribadi
Dok Pribadi

Dok Pribadi
Dok Pribadi

Dok Pribadi
Dok Pribadi

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun