Mohon tunggu...
Dadang Maulana Luthfi
Dadang Maulana Luthfi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Pemula, Suka Menulis, kadang lupa izin jadi saya cantumin aja sumber di bawah gambarnya ya

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Bagaimana Jika Air Laut Berhasil Dikuras oleh Manusia?

1 Agustus 2021   11:30 Diperbarui: 1 Agustus 2021   12:06 109 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bagaimana Jika Air Laut Berhasil Dikuras oleh Manusia?
(ppng.com)

Kita semua tau di bumi ini, laut adalah hal yang sangat penting. Tapi pernah ga sih kalian mikir? Pasti gapernah ya? hihi bercanda, pernah ngga sih mikir gimana jika manusia bisa nguras air laut yang ada di bumi ini? Entah itu dengan alasan yang masuk akal atau karena gabut aja. 

Hmm butuh waktu berapa lama untuk menguras laut?  Dan apa yang bakal terjadi setelahnya? Mari kita coba ehh mari kita bahas (tetep nada sisca kohl).

Mungkin terdengar mengada-ngada, namun nyatanya kegiatan menguras air itu nyata loh. Hal ini sudah dilakukan oleh negara asal Robin Van Persie, yak betul Selandia Baru. Ya bukan dongg, negara Belanda.  Negara kincir angin Belanda sudah sukses sejak lama melakukan pengeringan laut. 

Sejak 1800-an Belanda membatasi daerah yang berbatasan dengan laut dengan pematang raksasa. Jadi idenya ialah tanah rendah dibentengi dengan bukit pasir buatan sehingga air laut tidak masuk ke daratan. Pertama-tama dilakukan pada daerah Belanda utara, di mana bukit pematang tadi ditanami juga tumbuhan agar lebih tahan terhadap ombak dan air. Air yang masih terperangkap di daratan kemudian dikuras sehingga lama kelamaan semakin luas darat Belanda. 

Salah satu arsitek saat sidang PBB pernah mencetuskan ide untuk menguras laut Mediterania, agar bisa jadi hunian baru manusia. Jika hal itu terjadi, maka akan ada daratan baru yang luasnya diperkirakan melebihi negara Perancis. Nah, kan kalau dua contoh tadi adalah pengurasan beberapa air yang ada di lautan. Nah bagaimana jika semua air laut di bumi ini dikuras? 

Pertama-tama kita harus cari cara bagaimana kita bisa nguras air laut. Apakah bisa menggunakan gayung berbentuk love berwarna pink? Tentu saja bisa. Bisa meninggaaalllllllll. Tentunya kita butuh yang lebih besar atau kuat dari itu dong. Kalau kita bikin kolam renang seukuran kolam renang di olimpiade, mungkin dibutuhkan lebih dari satu miliar kolam untuk menampung semua air yang ada di lautan. 

Dan waktu yang kita butuhkan akan sangat lama, bisa puluhan tahun atau berabad-abad lamanya. Tapi bagaimana jika kita bisa menguras air dalam waktu hitungan menit?

(tribbunnews.com)
(tribbunnews.com)

Mari kita berimajinasi, bagaimana kalau kita punya teknologi pompa yang sangat kuat untuk menguras lautan hanya dalam hitungan menit? Pasti akan jadi penemuan terkeren setelah penemuan gagang pintu. Namun tentu saja penemuan ini akan berbahaya jika sampai benar benar ditemukan, karena jika sampai ditemukan dan dipakai ke lautan, kegiatan yang ada di permukaan laut akan merasakan efeknya. 

Dari orang yang berenang, penumpang kapal, poppeye si pelaut, sampai masyarakat bikini bottom akan secara cepat merasakan efeknya. Dalam hitungan detik, orang orang yang sedang berenang di laut akan jatuh secara cepat ke dasar laut dengan beberapa tulang patah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN