Cryptoholix
Cryptoholix

All About Cryptocurrency, Bitcoin, Altcoins, and ICO!

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

"The Power of Micropayment"

14 November 2017   09:30 Diperbarui: 14 November 2017   09:35 180 0 0

Dari sekian banyak keunggulan yang ditawarkan oleh cryptocurrency, salah satunya yang paling menarik perhatian saya adalah fitur micropayment. Yang dimaksud dengan micropayment adalah kemampuan cryptocurrency untuk melakukan pengiriman uang dengan jumlah yang sangat kecil dalam waktu yang singkat dan biaya pengirimannya juga sangat kecil (bahkan mungkin tanpa biaya sama sekali). 

Sebagai contoh, saat ini saya bisa mengirimkan uang sebesar 10 Doge ke seluruh dunia, dan biaya pengirimannya hanya 1 Doge. Pengiriman tersebut akan tiba di wallet penerima dalam waktu sekitar 1 atau 2 menit saja. Dogecoin adalah salah satu cryptocurrency yang cukup populer. Harganya masih rendah, dimana 1 Doge kurang lebih sebesar Rp 15. Berarti saya bisa mengirim uang ke seluruh seluruh dunia, hanya sebesar Rp 150 dan biayanya cuma Rp 15! Suatu hal yang tidak mungkin dilakukan oleh perbankan saat ini.

Dengan adanya micropayment, para pekerja freelance di dunia maya bisa mengambil pekerjaan-pekerjaan kecil (micro tasks) dan langsung mendapatkan pembayaran langsung (direct payment). Misalnya, seorang juru ketik bisa mengerjakan order mengetik selembar dokumen dari Amerika dan mendapatkan pembayaran langsung senilai Rp 1.000 di dompet cryptocurrencynya.

Micropayment ini juga akan memberikan daya akselerasi yang sangat luar biasa terhadap perkembangan crowdfunding. Bagi yang belum tahu, crowdfunding adalah inovasi yang sangat cemerlang dalam bidang pendanaan. Jika saat ini orang-orang masih terbiasa dengan fasilitas pendanaan dari bank, yang masih membutuhkan jaminan dan dikenakan bunga. 

Maka crowdfunding menawarkan solusi kepada mereka yang sedang membutuhkan pinjaman dana berupa: uang sejumlah yang dibutuhkan (bahkan bisa dalam jumlah yang jauh lebih besar dari yang diminta), tanpa perlu adanya jaminan, tidak ada bunga dan (ini yang paling asik) tidak usah dikembalikan! Mengapa bisa demikian? Berterimakasihlah kepada para backer yang menyumbangkan sejumlah kecil uangnya. Dengan cryptocurrency jumlah minimal uang yang disumbangkan bisa jauh lebih kecil. Akibatnya jumlah backer yang terlibat bisa meningkat dengan sangat tajam, yang berdampak kepada semakin berkembangnya solusi crowdfunding.


Oleh:

Felix Lukman

Founder Cryptoholix.com