Mohon tunggu...
Kris Fallo
Kris Fallo Mohon Tunggu... Penulis - Penulis Buku Jalan Pulang, Penerbit Gerbang Media, 2020

Menulis itu pekerjaan keabadian. Pramoedya Ananta Toer berkata:  'Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah.' Lewat tulisan kita meninggalkan kisah dan cerita yang tak akan sirna.

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Kiat Belanja Online yang Bikin Nyaman

19 Mei 2021   19:17 Diperbarui: 19 Mei 2021   19:39 166
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Untuk zaman sekarang, belanja online bukan hal baru. Hampir semua orang menggunakan jasa penawaran online. Saya sendiri juga termasuk orang yang menggunakan jasa digital.

Beberapa marketplace yang sering kamu gunakan? Tokopedia, Shopee, Lazada, Blibli. Terkadang penjual menjajakannya barangnya melalui akun facebook, instgram dan selanjutnya kita diarahkan ke whatsapp.

Saya lebih sering berbelanja online dengan melihat penawaran di facebook, intagram, selanjutnya komunikasi lanjutan ke whatsapp, (Wa). Cara ini efektif karena kita bisa konsultasi, bisa juga kita meminta model barang lain, selain yang dipromosikan.

Bagi saya inilah yang paling tepat, mudah dihubungi dan bisa konsultasi langsung via telepon atau video call, agar kita bisa pastikan barang yang kita butuhkan.

Hal ini penting, sehingga tidak ada manipulasi dan kejahatan lainnya.

Pengalaman belanja online

Saya pernah belanja canon seharga 10 juta melalui online. Awalnya saya menemukan promosinya di akun facebook. Setelah disepakati, selanjutnya kami komunikasi lewat whatsapp. Beberapa kali saya tanya via Wa, telepon, hingga saya benar--benar yakin baru uangnya ditransfer.

Setelah pastikan barang dikirim via pos selanjutnya saya pantau melalui situs resmi pos. Kita bisa mengecek barang sudah sampai dimana dengan nomor resi pengiriman. Bagi saya cara ini cukup efektif.

Sesuai pengalaman belanja online, saya ingin berbagi beberapa tips.

1. Pilih marketplace yang resmi dan terpercaya. Misalnya Tokopedia, Shopee, Lazada, Blibli. Pada umumnya mereka yang sudah lama beroperasi, tidak diragukan, asal kita mengikuti aturan dan kesepakatan yang ada.

2. Minta Pembayaran COD. Sistem pembayaran COD adalah pembayaran langsung di tempat. Artinya barang diterima baru dibayar. Biasanya cara ini umunnya digunakan oleh pembeli ragu dengan penjual online dimaksud.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun