Mohon tunggu...
Cristin Chandra
Cristin Chandra Mohon Tunggu... Mahasiswa

Communication Science 19' UAJY

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Clubhouse, Ngobrol Bareng Artis Lebih Dekat

7 Maret 2021   22:04 Diperbarui: 7 Maret 2021   22:42 83 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Clubhouse, Ngobrol Bareng Artis Lebih Dekat
sumber: merahputih.com

Perkembangan teknologi komunikasi saat ini banyak membawa perubahan bagi dunia. Perubahan apa yang sangat terlihat jelas dari perkembangan teknologi tersebut? Dengan adanya perkembangan dari teknologi komunikasi membuat manusia dari seluruh dunia dapat terhubung satu dengan yang lain. Hal tersebut juga tentu dikarenakan dengan kehadiran dari internet. Selain itu dalam hal penerimaan informasi, tentu hal ini tidak perlu diragukan lagi karena saat ini ketika terjadi suatu isu, kita bisa langsung mendapatkan informasinya melalui media sosial yang ada atau dari berita online.

Zaman sekarang kita sangat jarang lepas dari yang namanya handphone, betul tidak? Betul, kemana-mana yang dibawa adalah handphone, mau cari sesuatu dari handphone, mau menghibur diri juga dari handphone. Fitur-fitur dan aplikasi pada saat ini sudah sangat lengkap didalam handphone.

Jika kita biasanya hanya bisa mengagumi idola kita hanya dari melihat foto atau videonya saja melalui media sosial yang ada, namun sekarang kita dapat mendengar secara lebih dekat dan bahkan kita dapat ngobrol bersama idola kita.

Mungkin beberapa dari kalian sudah mengetahui bahwa, akhir-akhir ini media sosial cukup dihebohkan dengan aplikasi Clubhouse. Aplikasi yang hanya bisa digunakan oleh pengguna iOS ini juga sempat menjadi trending topic di Twitter beberapa waktu lalu. Bagaimana cara kita untuk bergabung dengan aplikasi ini sebenarnya?

Kita tahu bahwa aplikasi Clubhouse ini hanya ditujukan bagi pengguna iOS saja. Agar kita dapat berada di ruangan yang sama dengan teman kita atau bahkan dengan idola kita maka kita memerlukan undangan yang dikirimkan melalui SMS. Setelah kita masuk kita tentu tidak dapat langsung berbicara dengan semua orang didalamnya namun untuk dapat berbicara maka kita harus menggunakan fitur raise hand dan jika moderator mempersilahkan untuk berbicara maka kita baru bisa berbicara di ruangan tersebut.

Lantas, apa yang ada dipikran orang-orang ketika mendengar atau melihat kata "Clubhouse"? Apakah ada hubungannya dengan budaya? 

Untuk mengetahui hal tersebut maka kita harus melihat penjelasan dari representasi yang menjadi salah satu elemen dari konsep circuit of culture.

Didalam konsep circuit of culture yang dicetuskan oleh Stuart Hall, terdapat 5 elemen didalamnya yaitu representasi, identitas, regulasi, produksi dan konsumsi. Yang akan menjadi fokus utama dalam pembahasan ini adalah elemen representasi.

Representasi dalam konsep circuit of culture dapat diartikan sebagai makna yang diproduksi dan dipertukarkan melalui bahasa. Maksudnya adalah kita sebagai manusia yang menciptakan makna dari suatu hal dalam hal ini adalah Clubhouse yang ditukarkan melalui bahasa yang kita gunakan.

Setiap orang tentu memiliki pendapat masing-masing terhadap Clubhouse dan itu bagus, karena semakin banyak kita memproduksi makna maka akan menghasilkan suatu budaya. Namun pasti ada budaya dominan didalamnya, maksudnya adalah ada satu makna yang akan menjadi budaya dari setiap orang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x