Mohon tunggu...
Corry LauraJunita
Corry LauraJunita Mohon Tunggu... Tsundoku-Cat Slave

-

Selanjutnya

Tutup

Life Hack Pilihan

Urutan Mencuci Piring yang Benar

16 Juni 2021   16:49 Diperbarui: 16 Juni 2021   18:07 117 5 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Urutan Mencuci Piring yang Benar
Ilustrasi Mencuci Piring | Sumber : Shutterstock

Mencuci piring merupakan pekerjaan sehari-hari yang pasti pernah dilakukan semua orang. Meskipun namanya "mencuci piring", tentunya yang dicuci (dan kita bahas) adalah seluruh peralatan makan minum serta memasak ya. 

Mencuci piring meskipun kelihatan sepele, ternyata kegiatan bebersih ini ada aturan dan urutannya supaya semua peralatan makan dan memasak bersih, tidak berbau, tidak licin, dan awet. 

Informasi mengenai tata cara mencuci piring ini dulu saya baca dari majalah "Bobo". Sudah lama sekali, tetapi sejak saat itu, saya terbiasa mencuci piring dengan berurutan. 

Sedikit pengalaman saat masih tinggal di kos, saya melihat bahwa rata-rata teman saya mencuci peralatan makan dan memasak mereka sekenanya saja. Barang yang lebih dekat dengan tangan itulah yang dicuci terlebih dahulu. 

Mungkin memang tidak semua mengetahui tata cara mencuci piring dan alasan di baliknya, karena itu saya akan coba berbagi melalui tulisan singkat ini.

Buang sisa makanan sebelum meletakkan piring ke wastafel atau tempat mencuci piring.

Sampah makanan yang dibiarkan terbawa ke wastafel dapat menyumbat saluran pembuangan. Akibatnya wastafel bisa berbau, dan jika dibiarkan terlalu lama saluran pembuangannya menjadi mampet yang tentu akan merepotkan untuk membersihkannya. 

Jika mencuci tidak di wastafel, lantai tempat mencuci piring juga akan cepat terasa licin jika banyak sampah sisa-sisa makanan yang kecil. Kotoran-kotoran ini juga akan mengundang lalat berkerumun.

Rendam sebelum di cuci.

Selalu siapkan wadah berisi air sabun untuk merendam piring dan kawan-kawannya. Merendam piring sebelum mencuci akan mengurangi kotoran yang menempel di piring dan peralatan makan. Gelas dan alat minum bisa ikut direndam bisa juga tidak. 

Saya pribadi memilih tidak merendam gelas dengan alat makan karena bisa membuat gelas menjadi sedikit berlemak dan licin. Beberapa makanan juga memiliki aroma yang khas, yang terkadang tetap menempel pada gelas meskipun telah berulang kali dibersihkan, misalnya bau lemak sapi atau kambing.

Mencuci secara berurutan

Aturan mencuci secara berurutan ini bertujuan untuk mengurangi kemungkinan menempelnya kotoran dan lemak dari peralatan makan yang lebih kotor ke peralatan yang relatif lebih bersih. Urutan pencuciannya adalah :

Gelas, cangkir, dan peralatan minum lainnya

Urutan mencuci pertama dimulai dari peralatan minum karena peralatan minum biasanya relatif lebih bersih dibandingkan alat makan lain. Membersihkan gelas terlebih dahulu akan menurunkan kemungkinan kontaminasi kotoran dan bakteri dari peralatan makan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x