Mohon tunggu...
Corfina Capital
Corfina Capital Mohon Tunggu... Corfina adalah salah satu perusahaan kewirausahaan Penasehat Pengelolaan Keuangan dan Manajer Investasi di Indonesia. Kami terdiri dari kelompok yang unik dari setiap individu nya. Pendiri perusahaan kami adalah individu berpengalaman yang telah mengumpulkan pengalaman berharga dalam menjalankan perusahaan-perusahaan Indonesia yang besar serta bekerja untuk perusahaan multinasional besar.

Jika kamu tertarik, pastinya kamu belajar di beberapa akun kami yang lain Intstagram : https://www.instagram.com/corfina_capital/ Website : https://corfina.id/

Selanjutnya

Tutup

Finansial

Apa Pengaruh Pelemahan Rupiah terhadap Reksadana?

17 September 2019   16:00 Diperbarui: 17 September 2019   16:13 0 0 0 Mohon Tunggu...

Nilai tukar rupiah pada pagi ini melemah dihadapan dollar AS, posisi terakhir rupiah pad angka Rp. 14.610. Ada beberapa penyebab penurunan nilai tukar Rupiah terhadap Dollar AS.

Pertama datang dari persoalan Perang Dagang yang tidak terlalu serius keputusan pada KTT G-20 untuk mereda pada awal tahun 2019. Ditambah memanas lagi, berita penagkapan eksekutif Huawei yang tidak pasti.

Faktor kedua adalah ketidakpatian dari Perdana Menteri Inggris dalam menyelesaikan proses perceraian antara Inggris dan Uni Eropa. PM Inggris ini membatalkan voting di parlemen yang seharusnya digelar pada 11 Desember 2018. Pembatalan ini membawa kecemasan pada investor pastinya sehingga berdampak pada pemilihan investasi yang dianggap aman seperti Dollar AS. Sehingga membuat rupiah melemah karena permintaan Dllar As di akhir tahun terus meningkat meskipiun sudah dianyisipasi dengan menambah cadangan devisa.

Cadangan devisa Indonesia pada posisi per November berada pada posisi tertinggi dalam sejarah  yaitu sebesar US$115,5 miliar. Namun hal itu belum cukup mengingat tingkat pertumbuhan ekonomi juga masih tertahan pada posisi 5%. Jika menahan rupiah tetap menguat kemungkinannya kecil.

Lalu apakah dampak dari fluktuasi rupiah terhadap kinerja reksadana?

Tidak semua jenis reksadana terkena dampak fluktuasi rupiah karena setiap jenis reksadana memiliki beragam tergantung pada portofolio instrumen investasinya. Ada berberapa jenis reksadna yang berdampak langsung dan ada juga yang tidak terkena dampak dari pelemahan rupiah.

Jenis reksadana yang terkena dampak langsung adalah reksadna yang berbasisi dollar AS yang berinvestasi di saham-saham Indonesia. Meskipun namanya berbasis dollar AS bukan berarti jenis reksadana ini berinvestasi pada efek di luar negeri.

Salah satu jenis reksadana yang diperbolehkan 100% berinvestasi di luar adalah reksadana syariah efek global.

Di Indonesia sendiri belum ada jual beli saham yang berbasis Dollar AS,hanya tersedia obligasi yang berbasis Dollar. Jadi untuk reksadana yang berisi instrument berbasis dollar yaitu jenis reksadana saham  dan reksadana campuran dollar yang terdiri dari obligasi dnegan mata uang dollar AS dan saham dengan mata uang Rupiah.

Sehingga jenis reksadana yang berbasis Dollar akan berpengaruh pada Nilai Aktiva Bersihnya, akan setiap hari NAB harus dihitung berdasarkan nilai tukar rupiah terhadap dollar yang terbaru. Ketika nilai tukar rupiah melemah maka Nilai Aktiva Bersihnya juga menurun, sehingga akan berpengaruh pada kinerja reksadana itu sendiri.

Lalu bagaimana dampaknya pada reksadana pasr uang, pendapata tetap, campuran dan saham?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2