Mohon tunggu...
Candika
Candika Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Nasihat untuk Tidur

21 April 2021   06:57 Diperbarui: 21 April 2021   06:58 49 4 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Nasihat untuk Tidur
http://www.klinikpelitasehat.com/

Manusia pasti selalu berusaha agar tubuh dan jiwanya sehat. Karena ketika badan dan jiwa sehat, setiap kegiatan yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari juga akan berjalan dengan baik. 

Upaya yang dilakukan oleh setiap orang berbeda-beda, tergantung kondisi dan kebutuhan yang di alami. Banyak cara agar kita bisa menjaga kesehatan tubuh, seperti berolah raga, makan makanan sehat, mengonsumsi vitamin, dan yang lainnya. 

Namun, ada satu hal yang sering terlupakan oleh manusia untuk dilakukan, yaitu tidur yang cukup. Segala aktivitas yang kita kerjakan setiap harinya seperti tidak memberikan kita waktu untuk beristirahat. Rasanya kita mau untuk menjadi produktif dan tidak mau menyia-nyiakan waktu dengan tidur, padahal tidur merupakan hal yang sangat penting.

Ketika kita mencoba untuk menjadi produktif namun tidak memperhatikan pola tidur kita, hasil yang akan kita dapatkan akan bertolak belakang dengan apa yang kita harapkan. 

Ketika waktu untuk tidur tidak cukup, kita akan menjadi tidak produktif karena tidur sebenarnya membantu kita dan otak kita agar dapat berfungsi dengan lebih baik. Untuk memiliki pola tidur yang lebih baik, itu membutuhkan perjuangan yang cukup menguras tenaga, namun, bukan berarti tidak bisa.

Seorang peneliti dari Amerika Serikat, Michael menemukan bahwa saat ini masyarakat dunia sedang menghadapi risiko yang lebih besar terkait penyakit-penyakit kronis dan masalah kesehatan mental yang akhirnya bisa menghambat keseharian dan hubungan sosial. 

Michael mengatakan bahwa pola tidur yang tidak sehat atau waktu istirahat yang tidak seimbang memberikan pengaruh pada kesehatan manusia. Selain itu, hal ini juga memberikan pengaruh pada aktivitas yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Jika pola tidur tidak sehat, maka keseharian juga akan semakin buruk dan akhirnya akan mendapatkan masalah.

Kekurangan tidur berpengaruh pada kinerja otak manusia. Secara otomatis, akan memberikan pengaruh pada cara kita mengingat serta hal yang kita ingat. Hubungan tidur dengan ingatan adalah bahwa ketika kita tidur, otak kita melakukan dua hal, yaitu:

  • Memory Consolidation
  • Dalam proses ini, otak manusia berusaha untuk mereview informasi dan pengalaman yang kita terima. Dalam proses ini, otak kita akan memilih ingatan-ingatan yang bermakna yang akan menetap dalam memori kita, serta membuang hal-hal yang tidak memiliki makna bagi kita.
  • Information Processing
  • Dalam proses ini, otak kita berusaha untuk mengaitkan informasi-informasi yang kita terima sepanjang hari untuk menjadi satu kesatuan dan menyiapkan otak kita untuk hal-hal yang mungkin terjadi ke depannya.

Dua proses tersebut merupakan hal yang sangat penting bagi manusia. Sehingga ketika kita tidak memiliki waktu tidur yang seimbang, kedua proses tersebut akan terganggu dan akan memberikan dampak bagi kita.

Selain itu, ketika kita tidur, kita akan memiliki waktu untuk bermimpi. Bagi sebagian orang, mimpi hanyalah bunga tidur, namun tanpa disadari banyak orang-orang yang membuat sesuatu berdasarkan mimpi yang pernah dimilikinya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x