SERUNYA DAN EFEKTIFNYA PENGUNAAN Â APLIKASI QUIZIZZ DALAM PEMBELAJARAN
siswa ketika mendengar kata asesmen di kelas. Walaupun model asesmen ada dua baik itu tes tertulis maupun tes lisan. Berangkat dari kata bosan, penulis berpikir untuk membuat asesmen yang menarik siswa. Berhubung penulis mengajar di kelas 5 SD yang merupakan siswa kelahiran 2011-2012  Generasi Alpha atau tepatnya anak-anak milenium yang tentunya melek teknologi. Maka dari itu penulis mencoba menggunakan aplikasi Quizizz dengan mode kertas tanpa memberatkan siswa membawa hp, cukup penulis menyiapkan kertas jawaban Quizizz mode kerta atau istilah asingnya Quizizz paper Mode yang sudah diatur oleh aplikasi tersebut sebanyak siswa.Â
Asesmen?.... malas, bosan dan masa bodoh itulah umumnya pendapatSoal yang disiapkan aplikasi Quizizz dapat dimodifikasi guru sesuai kebutuhan belajar siswanya di kelas. Dengan aplikasi ini, penulispun antusias menyampaikan asesmen sumatif kepada siswa dalam bentuk tes tertulis pilihan ganda dan tentunya juga meyebutkan hal berbeda dari test sebelumnya supaya asiswa penasaran dan dengan menambahkan kata menarik dan persiapkan dengan dengan sebaik-baiknya karena hasil jawaban siswa langsung muncul? "Wah.. harus belajar ini" Itulah kira-kira jawaban siswa-siswiku.
Dalam Pelaksanaan tes tertulis pilihan ganda  menggunakan Quizizz mode kerta, perangkat yang harus disipakan guru tentunya 1 laptop dan 1 hp dan terhubung dengan internet. Pelaksanaan ini cukup mendebarkan bagi penulis dan juga siswa karena pertama kalinya walaupun penulis juga sudah mentest produk ini di rumah. Setelah perangkat ready, penulis membagikan kerta jawaban quizizz mode kerta dengan barqode, kepada setiap siswa sesuai nama yang sudah di data didalam quizizz. Yang namanya anak-anak milenial, tentunya bagi mereka ini menarik karena hal baru, "wah keren kodenya", begitulah celetuk siswa-siswi, yang tentunya membuat penulis senang.
Sebelum test tentunya guru memberikan petunjuk atau langkah-langkah kegiatan. Mulailah soal pertama muncul. Nampaklah siswa antusias dan serius membaca lanjut melihat kertas jawaban mereka masing-masing. Waktu habis, mulailah ibu guru menscan jawaban siswa lewat hp yang langsung terkoneksi di laptop dan muncul di layar proyektor. Nampakkan jawaban mereka dan langsung terevaluasi dengan baik. Yang jawab benar dan salah sama-sama senang karena mereka melihat namanya muncul, awal soal yang menjawab benar hanya 65% walaupun tingkat soalnya masih rendah. Soal kedua mulai menggunakan soal HOTS, namun anehnya 90% siswa menjawab benar, semuanya bahagia. Intinya setiap mereka menjawab mereka lebih hati-hati dan bahagia. Tentunya disini kita melihat penilaian efektif karena guru dapat melacak kemajuan belajar siswa secara langsung melalui fitur live score, serta merekap nilai dan statistik jawaban siswa untuk keperluan evaluasi. penggunaan Quizizz dapat menjadi alat yang efektif dalam penilaian yang memungkinkan guru untuk memantau dan mengevaluasi kemajuan belajar siswa secara lebih interaktif dan menyeluruh.
Jadi penulis sarankan mari jadikan kegiatan asesmen sumatif tes tertulis menjadi kegiatan yang ditunggu-tunggu siswa sehingga motivasi belajar meningkat dan tentunya berpengaruh terhadap hasil pembelajaran.Dan perlu diperhatikan, pastikan daerah bapak/ ibu guru saat aplikasi ini digunakan memiliki koneksi internet yang bagus. Selamat mencoba bapak ibu guru hebat
est lisan.