Mohon tunggu...
cipto lelono
cipto lelono Mohon Tunggu... Guru - Guru

Menulis sebaiknya menjadi hobi

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Artikel Utama

Strategi Pembelajaran yang Menantang Guru Menjawab Tantangan Abad 21

22 September 2021   07:18 Diperbarui: 22 September 2021   22:00 492 86 13
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Strategi Pembelajaran yang Menantang Guru Menjawab Tantangan Abad 21
Ilustrasi tantangan guru dalam mengajar di masa pandemi covid-19. Foto: Kompas.com/Ihsanuddin

Abad 21 adalah abad pendobrakan pembangunan peradaban. Manusia seakan digiring bergerak cepat guna mencapai tujuan hidupnya. Percepatan gerakannya sudah tidak bisa lagi diukur dengan durasi bulan, minggu maupun hari. Percepatannya sudah berdurasi jam, menit bahkan detik.  

Percepatan Gerakan perubahan tersbut secara khusus juga menjadi tantangan Lembaga Pendidikan. Oleh Sebab itu guru yang menjadi sub ordinasi Lembaga Pendidikan menjadi organ penting dalam menyiapkan peserta didik agar dapat beradaptasi dengan karakterisrtik abad 21.

Dengan demikian guru dituntut memiliki dan menyipkan serta mampu mengembangkan serta menerapkan strategi pembelajaran agar dapat menyiapkan peserta didik mampu beradaptasi dengan karakterisik abad 21.

Menurut Muhdi, ada empat karakteristik abad 21 yang harus dipahami oleh guru sehingga guru harus menyiapkan langkah-langkah antisipatifnya yaitu tersedianya informasi secara mudah, adanya proses komputasi, otomasi dan komunikasi yang berasal dari berbagai arah.

1. Informasi tersedia dimana saja, kapan saja

Abad 21 merupakan abad revolusi informasi. Perkembangan informasi telah mengalami percepatan waktu dan pergeseran tempat. Percepatan waktu ditandai dengan cepatnya informasi yang berkembang di masyarakat secara hitung-hitungan waktu. 

Perkembangan teknologi informasi menjadi sarana yang mendongkrak percepatan waktu dalam menyebarkan dan memperoleh informasi. Maka seseorang inginmnebdapatkan informasi kapan saja tanpa batas yang membelenggu.

Perkembangan teknologi juga mempercepat pergeseran tempat seseorang memperoleh informasi. Abad 21 menjadikan seseorang memperoleh informasi di mana saja tempatnya. Sehingga tidak lagi terbatasi jarak dan waktu.

2. Terjadi proses komputasi

Tak bisa dipungkiri bahwa abad 21 terjadi proses komputasi secara besar-besaran secara khusus di bidang pendidikan. Selama ribuan tahun, perhitungan umumnya dilakukan dengan menggunakan pena dan kertas, atau kapur dan batu tulis, atau dikerjakan secara mental, kadang-kadang dengan bantuan suatu table (Wikipedia). Namun sekarang dalam proses komputasi telah dilakukan dengan menggunakan komputer.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan