Mohon tunggu...
Cintia Gita Pramesi
Cintia Gita Pramesi Mohon Tunggu... Penulis - Public Relation Communication Student | Script Writer | Instagram: gitaaa.c

❝Manusia terhebat dengan ide terhebat sekalipun bisa dijatuhkan oleh orang terkecil dengan pola pikir tersempit—tetaplah berpikir besar.❞ (John Maxwell)

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Kuliah Online atau Kuliah Onsite, 7 Tips Presentasi di Depan Kelas

16 Juli 2021   12:46 Diperbarui: 16 Juli 2021   14:58 706 7 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kuliah Online atau Kuliah Onsite, 7 Tips Presentasi di Depan Kelas
Dok. Cintiagita

Masa kuliah rasanya seperti masa kebebasan dimana kita sebagai mahasiswa dapat bertanggung jawab penuh atas nilai, pakaian, dan usaha yang dilakukan. Berbeda dengan masa sekolah yang berada di bawah pengawasan para guru dan wali kelas, namun di kuliah, kamu mengawasi dirimu sendiri.

Tak terasa seluruh kegiatan perkuliahan berjalan online, hingga presentasi pun harus online

Apakah ada dari teman-teman yang belum pernah sama sekali presentasi di kelas secara onsite (secara langsung)? 

Yap! Mau kuliah online atau kuliah onsite, tipsnya tetap sama dan juga berlaku untuk teman-teman yang masih duduk di bangku sekolah juga lho.

Berikut adalah 7 tips presentasi di depan kelas yang menarik perhatian dosen dan teman-teman.

Pahami Materi yang Akan dipresentasikan

Penguasaan materi adalah kunci sukses presentasi. Cobalah ringkas materi presentasi menjadi poin-poin utama, catat di kertas atau di notes ponsel, dan mulailah me-review materi secara detail dari poin-poin yang telah diringkas. 

"Saya nggak pede (percaya diri) presentasi karena nggak paham materinya."

"Saya nggak pede karena nggak pandai bicara di depan banyak orang."

Jika kita memahami materi presentasi dan menguasainya, rasa percaya diri akan timbul secara spontan dari dalam diri kita untuk menunjukkan potensi diri dalam presentasi. Komunikasi akan tetap berjalan baik, informasi yang diberikan akan sampai kepada audiens selama kita mengetahui apa yang akan kita sampaikan dan apa tujuan dari disampaikannya informasi tersebut. Dosen akan senang lho dengan mahasiswa yang menguasai materi.

Latihan Tanpa Teks

Dalam tampil di depan banyak orang akan membosankan jika kita berbicara namun terlalu terpaku pada catatan seperti membaca isi catatan sepenuhnya atau mencontek catatan yang disediakan secara sering. Kamu akan terlihat seperti orang yang tidak siap presentasi, maka dari itu sebelum hari presentasi berlangungsung, kamu bisa berlatih di depan cermin atau merekam dirimu sendiri saat sedang mencoba menyampaikan materi tanpa melihat teks catatan yang disediakan. Mengapa harus berlatih? Dalam tahap penguasaan materi, kita akan benar-benar memahami apabila terdapat kebiasaan dalam membaca dan menyampaikan, itulah sebabnya kita harus berlatih.

Siapkan Visual Presentasi

Biasanya dalam melakukan presentasi, kita dibantu oleh sarana visual, yaitu bahan presentasi seperti Power Point atau slide show. Jika presentasi secara langsung di kelas, bisa menggunakan proyektor. Jika presentasi melalui kuliah daring, bahan presentasi ditayangkan secara share screen. Isi materi dalam Power Point adalah poin-poin dari materi. Hindari penggunaan kalimat yang begitu banyak dalam presentasi. Bahan presentasi sudah sangat banyak tersebar di internet sehingga kita bisa menyiapkan desain presentasi yang mampu menarik perhatian, salah satunya dapat diakses di website desain Canva.

Desain yang Ideal

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan