Mohon tunggu...
YULIANA
YULIANA Mohon Tunggu... Magister Pedagogi

Guru Mata pelajaran matematika di SMKN 1 Kempas, Kabupaten Indragiri Hilir Provinsi Riau

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Menjalin Kemitraan dengan Dunia Usaha dan Industri: Studi Kasus di SMKN 1 Kempas

19 Juli 2025   12:40 Diperbarui: 19 Juli 2025   12:30 66
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Yuliana

Magister Pedagogi, Universitas Lancang Kuning, Riau, Indonesia

Email: yulianaspd3107@gmail.com

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan praktik kepemimpinan kepala sekolah dalam menjalin kemitraan dengan dunia usaha, dunia industry industri dan dunia kerja (DUDIKA) di SMKN 1 Kempas, Riau. Pendekatan kualitatif deskriptif digunakan dengan teknik observasi informal, wawancara semi-terstruktur, dan studi dokumen. Hasil menunjukkan bahwa kepala sekolah menginisiasi kemitraan melalui strategi kolaboratif berbasis kepercayaan dengan memanfaatkan potensi lokal. Kemitraan yang terjalin berdampak positif pada pembelajaran vokasi, namun masih menghadapi tantangan keterbatasan mitra dan keberlanjutan kerja sama. Analisis menunjukkan bahwa kepala sekolah memadukan gaya kepemimpinan transformasional, strategis, dan distributif. Studi ini merekomendasikan pembentukan unit khusus kemitraan, evaluasi berkala, dan perluasan partisipasi kolektif dalam membina jejaring.

Kata kunci: kepemimpinan pendidikan, kemitraan sekolah-industri, SMK, kepemimpinan transformasional, distributif, strategis

Pendahuluan

Pendidikan vokasi berperan strategis dalam menyiapkan tenaga kerja kompeten sesuai kebutuhan industri (OECD, 2019). Revitalisasi SMK yang dicanangkan Kemendikbudristek menegaskan pentingnya sinergi sekolah dengan DUDIKA. Namun, keterbatasan jejaring, akses mitra, dan lemahnya kepemimpinan masih menjadi kendala (Bush, 2008). Studi ini menelaah praktik kepemimpinan kepala SMKN 1 Kempas dalam menjalin kemitraan dengan DUDIKA, dianalisis melalui teori kepemimpinan transformasional (Bass dan Avolio, 1994), strategis (Davies dan Davies, 2005), dan distributif (Spillane, 2006).

Metode

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui: observasi informal selama 2 hari (6 jam total) pada rapat, kunjungan DUDIKA, dan kegiatan vokasi; wawancara semi-terstruktur dengan kepala sekolah, wakil hubungan industri, kepala program, dan guru produktif (6 informan, durasi 30--45 menit per orang); dan studi dokumen seperti MoU, notulen, program kerja, dokumentasi kegiatan industri. Analisis data dilakukan secara tematik dengan triangulasi metode untuk meningkatkan validitas temuan.

Hasil dan Pembahasan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun