Mohon tunggu...
cici nofia
cici nofia Mohon Tunggu... Mahasiswa - Public Relations

Mahasiswi Public Relations yang masih gagap namun tetap berusaha tegap menghadapi gelap dunia yang rasanya penuh gelak tawa bak panggung drama.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Apa itu Kalori dan Bagaimana Cara Menghitung Kalori

25 Oktober 2021   13:43 Diperbarui: 25 Oktober 2021   14:06 73 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Dibuat pusing dengan berat badan yang tak kunjung turun ? sudah tahu kalori yang kita butuhkan belum nih? Sebelum mulai membakar lemak dan berdiet pahami dulu apa itu kalori dan cara menghitungnya yuk. Dengan mengetahuinya kita akan lebih mudah untuk mengendalikan berat badan lewat asupan kalori dari makanan dan minuman yang kita masukan ke dalam mulut dan perut kita. 

Kalori bisa diartikan sebagai suatu nilai / satuan yang menunjukan seberapa banyak jumlah energi yang bisa diperoleh dari makanan dan minuman. Kalori yang diperoleh dari makanan dan minuman ini akan diubah menjadi energi melalui proses metabolisme. Energi tersebut akan digunakan untuk mendukung kinerja dan fungsi berbagai organ tubuh. Sisa kalori yang tidak diubah menjadi energi akan disimpan dalam tubuh sebagai jaringan lemak. Nah jaringan lemak inilah yag harus kita antisipasi semakin banyak aktivitas yang membakar banyak kalori maka semakin baik dan mengurangi banyak timbunan sisa kalori yang membentuk jaringan lemak ini. Lalu sebenarnya berapa jumlah kalori yang manusia butuhkan? Jawabannya ialah relatif, jumlah kebutuhan kalori setiap orang berbeda-berbeda, tergantung jenis kelamin, usia, tinggi dan berat badan, serta metabolisme tubuh. Namun Rata-rata pria dewasa memerlukan sekitar 2.000--2.500 kalori per hari, sedangkan wanita dewasa membutuhkan sekitar 1.600--2.000 kalori setiap harinya. Rekomendasi jumlah asupan kalori tersebut merupakan perkiraan kebutuhan kalori pada orang yang sehat dengan tingkat aktivitas fisik ringan. Bolehkan kita memangkas semua asupan kalori? Jawabnnya tentu tidak karena tubuh manusia membutuhkan kalori untuk bertahan hidup karena kalori bermanfaat untuk menyiapkan energi bagi manusia. Tanpa energi, sel-sel dalam tubuh akan mati, jantung dan paru-paru akan berhenti, dan organ-organ tidak akan dapat menjalankan proses dasar yang diperlukan untuk hidup. Manusia menyerap energi ini dari makanan dan minuman. Jika manusia mengonsumsi hanya sejumlah kalori yang dibutuhkan setiap hari, mereka dapat memiliki hidup yang sehat. Konsumsi kalori yang terlalu rendah atau terlalu tinggi dapat menimbulkan gangguan kesehatan. Jadi konsumsilah makanan dengan sewajarnya jangan sampai kekurangan atau kelebihan. Lalu bagaimana kita mengetahu sudah seberap abanyak kalori yang telah kita masukan melalui makanan kita? Cara menghituungnya cukup simple yaitu satu gram protein diperkirakan mengandung sekitar 4 kalori dan satu gram karbohidrat pun mengandung kalori yang sama. Sementara itu, satu gram lemak setara dengan 9 kalori. Artinya, bila makanan yang dikonsumsi mengandung 30 gram protein, 45 gram karbohidrat, dan 20 gram lemak, hasil kalori dalam makanan yaitu sebesar 480 kalori dengan rincian: 

protein (30 gram 4 = 120 kalori), karbohidrat (45 gram 4 = 180 kalori) , lemak ( 20 gram 9 = 180 kalori)

Usahakan untuk menggunakan standar yang benar saat menghitung kalori makanan, yaitu dalam satuan kalori.

Dengan mengetahui jumlah kalori yang kita konsumsi dalam makanan dan minuman kita diharapkan kita bisa hidup dengan lebih sehat dan bisa dengan mudah mengontrol berat badan kita.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan