Mohon tunggu...
Chynthia Rahmawati
Chynthia Rahmawati Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Pelajar

Saya seorang siswi SMK yang gemar menulis di berbagai platform, saya juga mempunyai hobi membaca buku

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Manfaat Game untuk Mengatasi Kesehatan Mental

29 September 2023   07:50 Diperbarui: 29 September 2023   07:55 235
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Kesehatan mental merupakan aspek penting dalam kesejahteraan individu yang sering diabaikan, masalah kesehatan mental seperti stress, kecemasan, dan depresi dapat memiliki dampak yang signifikan pada kehidupan sehari-hari. Dalam beberapa tahun terakhir, pendekatan inovatif dalam mengatasi masalah kesehatan mental telah muncul, dan salah satu pendekatan yang menarik adalah penggunaan game. Artikel ini membahas manfaat game dalam mengatasi masalah kesehatan mental, dengan fokus pada aspek-aspek seperti relaksasi, terapi, dukungan sosial, dan latihan kognitif. Kita akan membahas bagaimana game dapat berperan dalam meningkatkan kesejahteraan mental individu.

Masalah kesehatan mental menjadi tantangan serius di Indonesia. Dengan angka kejadian yang terus meningkat, pencarian metode yang efektif untuk mengatasi masalah ini menjadi semakin penting. Indonesia-National Adolescent Mental Health Survey pada tahun 2022 sebanyak 15,5 juta (34,9%) remaja di indonesia mengalami masalah mental dan 2,45 juta (5,5%) remaja mengalami gangguan mental. Meskipun terapi tradisional dan obat-obatan masih menjadi pendekatan yang penting dalam mengatasi  masalah ini. Salah satu pendekatan ini adalah penggunaan game sebagai alat untuk mengatasi masalah kesehatan mental. Perkembangan teknologi khususnya dalam industri permainan video, telah membuka pintu baru untuk mengatasi masalah kesehatan mental.  

Pengembangan game untuk kesehatan mental melibatkan perancangan dan pembuatan permainan yang bertujuan untuk membantu individu mengelola dan mengatasi masalah kesehatan mental mereka. Permainan semacam itu dapat digunakan sebagai alat terapeutik yang efektif, terutama dalam konteks terapi bermain. Menurut American Psychiatric Association (APA) beberapa studi menunjukkan bahwa permainan video yang dirancang dengan baik dapat memiliki manfaat untuk mengurangi gejala kecemasan, depresi, dan stres. Permainan video game dapat menjadi bentuk pelarian yang sehat dan sebagai cara untuk memproses emosi.

Salah satu manfaat utama game dalam mengatasi masalah kesehatan mental adalah kemampuannya untuk memberikan relaksasi dan pengalihan fokus. Banyak game, terutama game yang dirancang khusus untuk tujuan ini, menyediakan pengalaman yang mendalam dan menarik. Bermain game dapat menjadi cara yang efektif untuk mengalihkan perhatian dari stres dan kecemasan sehari-hari. Studi-studi telah menunjukkan bahwa bermain game dapat meningkatkan kadar hormon dopamin dalam otak, yang terkait dengan perasaan senang dan bahagia. Ini dapat membantu individu merasa lebih santai dan meredakan tekanan mental. Terlebih lagi, bermain game dapat menjadi waktu yang menyenangkan, di mana individu dapat melupakan masalah-masalah mereka sejenak.

Game juga dapat digunakan sebagai bentuk terapi virtual dalam pengobatan masalah kesehatan mental tertentu. Terapi virtual adalah pendekatan yang terbukti efektif dalam mengatasi berbagai gangguan, termasuk PTSD (Gangguan Stres Pasca Trauma), kecemasan, dan depresi. Misalnya, game yang dirancang khusus untuk mengatasi kecemasan sosial dapat membantu individu berlatih berinteraksi dengan orang lain dalam lingkungan virtual yang aman. Ini dapat meningkatkan rasa percaya diri dan kemampuan sosial mereka dalam kehidupan nyata.

Banyak game memiliki komunitas yang kuat di belakangnya. Bermain game bersama dengan teman atau bergabung dalam komunitas online dapat memberikan dukungan sosial yang sangat dibutuhkan bagi individu yang merasa terisolasi atau kesepian. Ini dapat membantu mengatasi perasaan isolasi sosial yang seringkali menyertai masalah kesehatan mental. Selain itu, game juga dapat digunakan sebagai alat untuk membangun hubungan sosial yang lebih baik. Game yang mempromosikan kerja tim, seperti game online berbasis tim, dapat membantu individu belajar bekerja sama dengan orang lain, meningkatkan kemampuan komunikasi, dan memperkuat hubungan interpersonal.

Banyak game dirancang untuk melatih keterampilan kognitif seperti pemecahan masalah, pemikiran kritis, dan kreativitas. Dalam konteks masalah kesehatan mental, latihan ini dapat memiliki dampak positif. Individu yang mengalami masalah kesehatan mental seringkali mengalami kesulitan dalam mengelola pikiran negatif atau perasaan yang berlebihan. Bermain game yang melibatkan pemecahan masalah atau pemikiran kritis dapat membantu mereka mengembangkan keterampilan ini. Studi telah menunjukkan bahwa bermain game cerdas (brain games) dapat meningkatkan fungsi kognitif, termasuk memori, perhatian, dan pemecahan masalah. Ini dapat bermanfaat bagi individu yang mengalami masalah seperti gangguan kognitif akibat depresi atau kecemasan.

Sejumlah studi juga menunjukkan bahwa game berbasis terapi dapat membantu mengurangi gejala depresi dan meningkatkan kualitas hidup individu yang mengalaminya. Salah satu contohnya adalah “sparx” sebuah game berbasis komputer yang dikembangkan di Selandia Baru. Game ini dirancang khusus untuk remaja yang mengalami gejala depresi ringan hingga sedang. Melalui permainan dan latihan kognitif, “sparx” membantu remaja untuk mengidentifikasi dan mengatasi pikiran negatif mereka, serta memberikan dukungan emosional. 

Game biofeedback juga telah digunakan dalam pengobatan kecemasan. Game-game ini mengukur respons fisik individu terhadap kecemasan dan memberikan umpan balik visual dalam bentuk permainan. Contohnya adalah game yang memantau denyut jantung, dan perubahan warna dalam permainan terkait dengan tingkat kecemasan. Ini membantu individu untuk mengidentifikasi tanda-tanda fisik kecemasan dan belajar untuk mengendalikannya.

Penggunaan game dalam konteks kesehatan mental bukan tanpa tantangan. Beberapa pertimbangan etika yang perlu diperhatikan meliputi privasi data, potensi ketagihan, dan penggunaan yang tidak terkendali. Perlu ada pedoman yang jelas untuk mengatur penggunaan game dalam pengobatan masalah kesehatan mental. Selain itu, game yang dirancang untuk tujuan terapi harus didukung oleh bukti ilmiah yang kuat. Penting untuk memastikan bahwa game ini efektif dalam mencapai tujuan terapeutiknya dan aman digunakan oleh individu yang membutuhkan bantuan.

Game memiliki potensi besar dalam membantu individu mengatasi masalah kesehatan mental mereka. Dari relaksasi hingga terapi virtual, dukungan sosial, dan latihan kognitif, game dapat berperan sebagai alat yang efektif dalam meningkatkan kesejahteraan mental. Namun, penggunaan game ini harus dilakukan dengan bijak dan diawasi untuk memastikan manfaatnya lebih besar daripada resikonya. Penelitian lebih lanjut dan pengembangan game yang terfokus pada masalah kesehatan mental adalah langkah penting dalam upaya ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun