Mohon tunggu...
Chaerul Sabara
Chaerul Sabara Mohon Tunggu... Insinyur - Pegawai Negeri Sipil

Suka nulis suka-suka____

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Piala Dunia 2022: Brazil Surplus Pemain, Akankah Juara?

9 Oktober 2022   22:13 Diperbarui: 9 Oktober 2022   22:15 1438
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto: Timnas Brasil (Twitter @CBF_Futebol)

Berbicara Piala Dunia tentulah takkan pernah bisa lepas dengan tim yang satu ini. Yah, siapa lagi kalau bukan Brazil, tim yang selalu menjadi langganan Piala Dunia sejak pertama kali dipentaskan, Brazil menjadi satu-satunya tim yang tak pernah absen di setiap gelaran Piala Dunia hingga saat ini.

Brazil telah berpartisipasi dalam 21 gelaran Piala Dunia dan akan tampil untuk ke 22 kalinya di Piala Dunia Qatar 2022.
Selain itu pula, Brazil merupakan negara yang paling banyak menjuarai Piala Dunia, dengan lima kemenangan, masing-masing 1958, 1962, 1970, 1994, dan 2002, unggul atas Italia dan Jerman yang mencatatkan empat kali merebut gelar juara dunia.

Kemudian, dari rilis terbaru yang dikeluarkan oleh FIFA, Timnas Brazil kini berada di posisi puncak menggeser Belgia di urutan kedua dan meninggalkan saingan sesama Amerika Latin, Argentina yang bercokol di posisi ketiga serta Perancis juara dunia 2018, serta juara liga negara Eropa 2021 yang menempati urutan keempat.

Dari catatan tentang Brazil diatas, tentulah banyak yang menjagokan Brazil untuk merebut gelar juara Piala Dunia 2022. Fakta tersebut tidak berjalan sendiri, karena sebagaimana yang kita ketahui Brazil memang memiliki kedalaman skuad yang mumpuni, Brazil memiliki banyak pemain bintang yang berkiprah di liga utama dunia.

Pelatih tim nasional Brasil, Adenor Leonardo Bacchi alias Tite, sepertinya tidak akan kesulitan stok pemain yang boleh dikata surplus di setiap posisi, mulai dari penjaga gawang, belakang, tengah hingga depan. Yang sulit mungkin bagi Tite adalah memutuskan siapa yang harus dicoret dari skuad yang kuotanya ditetapkan oleh FIFA sebanyak 28 pemain.

Secara tim, dengan kualitas pemain yang dimiliki oleh Selecao, apapun strategi yang akan diterapkan oleh Tite sepertinya bisa dijalankan oleh para pemainnya. Keseimbangan antara pertahanan dan penyerangan sangat terjaga, gol bagi Brazil bukan saja bisa lahir dari barisan penyerang, akan tetapi lini kedua dan bahkan lini belakang pun punya kemampuan yang sama untuk mencetak gol.

Yang pertama, mari kita lihat di sektor penjaga gawang. Di posisi ini, jaminan mutu tentu sudah ada pada Alisson Becker kiper Liverpool, dan Ederson Moraes milik Manchester City.

Untuk posisi cadangan mungkin akan didapatkan oleh Weverton da Silva penjaga gawang Palmeiras yang bersaing dengan Santos dan Everson. Dengan stok penjaga gawang yang ada, lini belakang tim Samba bolehlah merasa tenang dan lebih maksimal membantu penyerangan.

Berikutnya di lini belakang Selecao, ada begitu banyak stok pemain yang akan bersaing untuk dipilih oleh Tite. Nama-nama seperti Danilo, Marquinhos, Thiago Silva, Alex Telles, Eder Militao, Renan Lodi, Emerson Royal akan bersaing dengan Dani Alves, Alex Sandro, Gleison Breimer, Guilherme Arana dan Roger Ibanez.

Siapapun yang dipilih oleh Tite, para pemain belakang Brazil punya kemampuan untuk menyeimbangkan antara pertahanan dan penyerangan. Pemain belakang Brazil kerap melakukan over lapping untuk turut serta membombardir area pertahanan musuh.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun