Mohon tunggu...
Christofer HartonoPutra
Christofer HartonoPutra Mohon Tunggu... Mahasiswa Unika Soegiajapranata

Rome was not built in a day.

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Bisnis Online yang Menguntungkan bagi Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19

30 Oktober 2020   17:45 Diperbarui: 30 Oktober 2020   17:52 43 0 0 Mohon Tunggu...

Pandemi covid-19 yang masih ada di Indonesia ini, pastinya sangat berdampak bagi 2 sektor utama yaitu, ekonomi dan kesehatan. Tentunya, berdampak bagi sektor pendidikan terutama bagi mahasiswa. Mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan tentunya terkena dampak dari covid-19, salah satunya adalah kuliah online.

Tidak sedikit juga mahasiswa yang memutuskan untuk berhenti kuliah karena dampak dari covid-19, salah satu dampaknya adalah menurunnya tingkat ekonomi masyakarat yang mengakibatkan banyak pekerja yang di pecat. Pemerintah juga mengeluarkan kebijakan tentang adanya Pembatasan Sosial Berskala Besar ( PSBB ). Maka semua diarahkan untuk karantina di rumah sampai dengan waktu yang ditentukan, karena virus ini menular dengan cepat, tidak terlihat dan sudah tersebar diseluruh dunia, termasuk Indonesia. Maka dari itu beberapa negara menerapkan kebijakan untuk memberlakukannya Lockdown untuk mencegah persebaran virus corona.

Sebelum adanya pandemic covid-19, semua aktifitas berjalan seperti biasa, bekerja, bersekolah, bersosialisasi atau melakukan apapun susuai dengan keinginan mereka. Karena adanya pandemic covid-19, aktifitas di masyarakat berubah drastis, dimana aktifitas masyarakat terpaksa berhenti tetapi aktifitas ekonomi tetap berjalan karena mempunyai peran yang cukup vital bagi kehidupan sehari-hari.

Aktifitas ekonomi masih berjalan, tapi dengan didampingi oleh protokol Kesehatan yang sudah di tentukan oleh pemerintah seperti, menggunakan masker pada saat melakukan aktifitas ekonomi, membawa handsanitizer dan mencuci tangan dengan rutin agar selalu terhindar dari covid-19. 

Masyarakat juga memikirkan tentang perekonomiannya, karena itu sangat berperan dalam memenuhi kebutuhannya. Work form home itulah yang sekarang sedang diterapkan oleh beberapa pekerja, tidak menutup kemungkinan juga masyarakat akan kehilangan pekerjaannya. Bisnis online adalah solusinya, karena berwiraswasta dapat dilakukan oleh semua kalangan, tak terkecuali untuk mahasiswa.

Penyebaran covid-19 membuat transaksi secara online meningkat sangat drastic. E-commerce menjadi salah satu sasaran bisnis dikala pandemic covid-19 untuk memenuhi kebutuhan hidup secara digital. Mahasiswa juga dilatih untuk mampu berinovasi dan mengembangkan ide-ide yang ada dalam dirinya. Sikap mandiri dalam memperoleh penghasilan tambahan baik untuk dirinya dan juga bisa membantu keadan ekonomi keluarganya.

Bisnis adalah suatu bentuk aktivitas yang utamanya bertujuan untuk memperoleh keuntungan bagi yang yang mengusahakan atau yang berkepentingan dalam terjadinya aktivitas tersebut ( Prof. L.R. Dicksee ).

Bisnis bisa sangat menguntungkan dan bisa juga sangat merugikan, itu tergantung pada strategi yang kita terapkan dalam bisnis kita. Kesulitan mahasiswa pada saat menjalanlankan bisnis yaitu bagaimana kita menyeimbangkan waktu untuk tugas kuliah dan bisnis. Namun mengingat kondisi pandemi ini dan sistem perkuliahan dilakukan secara daring, mahasiswa kini memilki banyak waktu untuk memulai bisnis usahanya.

Jumlah pelanggan E-commerce mengalami peningkatan hingga 38,3 persen selama masa Pandemi Corona COVID-19 yang dimulai sejak Januari hingga Juli 2020. Data tersebut sesuai catatan yang dilaporkan Exabytes, perusahaan penyedia layanan hosting di Indonesia melalui keterangan tertulis yang diterima Tirto, Selasa (25/8/2020). Karena permintaan yang tinggi tentu diseimbangi juga dengan penawaran yang tinggi, sehingga banyak mahasiswa yang memulai berbisnis online.

Sudah banyak mahasiswa yang meraup keuntungan puluhan sampai ratusan juta hanya dengan berjualan barang secara online di marketplace ( Shopee, Tokopedi, Bukalapak, Dll. ). Indonesia saat ini menduduki peringkat pertama di Asia dengan negara yang pertumbuhan E-Commerce Nya tertinggi. Dengan ini menunjukan peluang yang sangat besar melalui media digital yang memiliki nilai ekonomi yang tinggi.  

Memulai bisnis bukanlah hal yang mudah, umur bukan suatu acuan untuk memulai usaha memang suatu tantangan. Dibutuhkan nyali, kebesaran dan kerja keras tentunya untuk bisa meraih kesuksesan dalam membangun bisnis, namun memulai usaha pada usia muda adalah suatu hal yang sangat beresiko. Seperti mahasiswa yang harus bisa mengatur waktu menyelesaikan kewajiban kuliahnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x