Implementasi POLC (Planning, Organizing, Leading Controlling : Kunci Sukses Dalam ManajemenÂ
Manajemen bisnis adalah serangkaian kegiatan yang diperlukan untuk mencapai tujuan yang ditetapkan, membutuhkan kerjasama seluruh anggota organisasi untuk berfungsi secara optimal dan mencapai keuntungan. Keberhasilan kegiatan bisnis bergantung pada sistem manajerial yang baik dan inovasi yang berkelanjutan. Dalam manajemen, terdapat empat fungsi utama, yaitu Planning, Organizing, Leading, dan Controlling (POLC), yang menjadi acuan bagi manajer dalam melaksanakan proses manajerial untuk mencapai tujuan.Â
Tujuan ManajemenÂ
1. Menciptakan efektivitas kerja yang terarah, memudahkan pencapaian tujuan organisasi.Â
2. Memastikan semua bagian dalam organisasi dapat terkoordinasi dengan baik, yang hanya dapat tercapai melalui manajemen yang efektif.Â
3. Membentuk lingkungan kerja yang kondusif, di mana kenyamanan individu berpengaruh pada motivasi dan semangat kerja, sehingga meningkatkan efektivitas kinerja secara keseluruhan
Fungsi Manajemen Planning :Â
Planning atau perencanaan merupakan suatu kegiatan perusahaan untuk membuat tujuan yang ingin dicapai dengan membuat berbagai rencana dalam mencapai visi dan misi yang telah ditentukan sebelumnya.Â
Kegiatan fungsi planning:Â
> Menentukan tujuan serta target perusahaan.Â
> Menyusun strategi untuk mencapainya.Â
> Menetapkan berbagai sumber daya yang mungkin dibutuhkan.Â
> Menentukan standar keberhasilan selama proses mencapai tujuan tersebut
Manfaat fungsi planning:Â
> Menentukan tujuan serta target perusahaan.Â
> Menyusun strategi untuk mencapainya.Â
> Menetapkan berbagai sumber daya yang mungkin dibutuhkan.Â
> Menentukan standar keberhasilan selama proses mencapai tujuan tersebut.Â
Jenis planning berdasarkan waktu:Â
> Planning jangka panjangÂ
> Planning jangka pendek
Fungsi Manajemen OrganizingÂ
Organizing atau pengorganisasian merupakan suatu kegiatan pengaturan pada sumber daya manusia dan sumber daya lain yang dimiliki oleh perusahaan untuk menjalankan rencana serta mencapai tujuan perusahaan.Â
Kegiatan fungsi organizing:Â
> Menyeleksi, merekrut, dan memberikan pelatihan serta pengembangan SDM.Â
> Menyesuaikan posisi tenaga kerja sesuai kemampuan.Â
> Menyusun dan menetapkan tugas serta mengalokasikan tenaga kerja sesuai prosedur.Â
> Menentukan struktur perusahaan berdasarkan tanggung jawab dan garis kewenangan.
Manfaat Fungsi Organizing : Â
1.Tugas dengan spesialisasi masing-masing.Â
2.Transparansi pembagian tugas.Â
3.Penyesuaian tugas sesuai kondisi perusahaan.Â
4.Tenaga kerja memahami tugasnya.Â
5.Manajer profesional mengkoordinasi kegiatanÂ
Fungsi Manajemen LeadingÂ
Leading : Pengarahan yaitu suatu fungsi kepemimpinan dari seorang manajer untuk meningkatkan produktivitas dan menciptakan lingkungan kerja yang sehat. Â
Fungsi Leadership: Instruktif, Konsultatif, Partisipatif, Delegatif, PengendalianÂ
> Kegiatan Fungsi LeadingÂ
> Membuat keputusan.Â
> Menjalin komunikasi.Â
> Memberi motivasi.Â
> Menempatkan SDM dengan tepat.Â
> Melakukan penilaian kerja dan pelatihan Â
Fungsi Manajemen ControllingÂ
Controlling adalah aktivitas menilai kinerja berdasarkan standar yang telah ditetapkan untuk melakukan perubahan atau perbaikan jika diperlukan.Â
Kegiatan Fungsi ControllingÂ
1.Evaluasi Target: Memeriksa apakah target sesuai standar yang ditetapkan.Â
2.Pemberian Alternatif: Menyediakan solusi atas penyimpangan yang terjadi.Â
Hal yang Perlu DiperhatikanÂ
1.Scheduling: Penetapan waktu pengawasan.Â
2.Routing: Menentukan cara pengawasan yang diinginkan.Â
3.Follow Up: Mencari solusi atas masalah yang muncul.Â
4.Dispatching: Memberikan perintah pekerjaan untuk pengawasan.
Â
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI