Mohon tunggu...
Christie Damayanti
Christie Damayanti Mohon Tunggu... Arsitek - Just a survivor

Just a stroke survivor : stroke dan cancer survivor, architect, 'urban and city planner', author, traveller, motivator, philatelist, also as Jesus's belonging. http://christiesuharto.com http://www.youtube.com/christievalentino http://charity.christiesuharto.com

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Mereka Semua Memanggilku "Mommy"

25 April 2020   19:07 Diperbarui: 25 April 2020   19:11 227
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokumentasi pribadi | Mereka semua memanggilku "mommy", karena meeka adalan anak2ku di Jepang .....

 

Aku sungguh bersyukur, ketika Michelle anakku tinggal di Jepang sejak 2017 lalu, dan kami tidak mempunyai kerabat, saudara atau teman sama sekali, tetapi Michelle dikelilingi dengan teman2 dan sahabat2 yang sayang denan nya.

Pertama kali ketika Michelle minta utuk kuliah disana, sungguh, selain memang kuliah disana adalah sangat mahal, biaya hidup juga mahal, ku agak "alergi" dengan Jepang.

Karena apa?

Pertama, ketika pertama kali aku ke Jepang tahun 1982 bersama dengan kedua orang tuaku dan kedua aikku, aku masih duduk di bangku SD, aku merasa tidak nyaman karena bahasanya dan tulisan2 cacingnya! Bingung, tidak tahu jika tersesat, dan tidak bisa bahasanya jika mau bertanya.

Dan, aku benar2 tidak ingin ke Jepang lagi, apalagi jika sendirian .....

Kedua, ketika kedua kali aku kesana dan aku sudah menikah serta sudah punya 2 anak tahun 2000. Waktu itu, kami berjalan2 di Narita, yang sebenarnya Cuma transit di Narita, dari Amerika menuju Jakarta.

Mau makan di sebuah rumah makan dekat Hotel Nikko (transirnya 1 malam), waktu itu, astagaaaaaa ...... makan malam ramen bersama kami harus membayar lebih dari 1 juta! Tahun 2000, lho!

Kedua alasan kuat inilah (yang menurutku), yang membuat aku sedikit alergi tentang Jepang. Bagaimana bisa anakku justru ingin kuliah, kerja dan Tinggal di Jepang?

Kalau tidak karena Doraemon, hahahaha .....

Jadi, walau pun aku alergi, tentu aku tetap berusaha agak dia bisa kuliah dan kerja serta tinggal di jepang, dengan berbagai cara.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun