Mohon tunggu...
Christie Damayanti
Christie Damayanti Mohon Tunggu... Just a survivor

Just a stroke survivor & cancer survivor, architect, 'urban and city planner', author, traveller, motivator, philatelist, also as Jesus's belonging. http://christiesuharto.com http://www.youtube.com/christievalentino http://charity.christiesuharto.com

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Nandaimon Gate, Pintu Gerbang Menuju Todai-ji Temple "Rumah" Patung Buddha Terbesar di Dunia

26 Maret 2020   20:20 Diperbarui: 26 Maret 2020   20:29 12 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Nandaimon Gate, Pintu Gerbang Menuju Todai-ji Temple "Rumah" Patung Buddha Terbesar di Dunia
Dokumentasi pribadi | Nandaimon Gate, sebuah pintu gerbang dari kayu tua terbesar di Jepang ini, terlihat cantik, unik serta tua. Aku selalu terbelalak, jika melihat bangunan2 tua tradisional seperti ini .....

By Christie Damayanti

***

Di Nara Park, terdapat kuil besar yang didalamnya ada patung Buddha besar. The Great Buddha, terbesar di dunia, setinggi 15 meter. Nama kuil itu adalah Todai-ji Temple.

Tdai-ji Temple  adalah kompleks kuil Buddha yang pernah menjadi salah satu dari Tujuh Kuil Besar yang kuat, yang terletak di kota Nara, Jepang. Meskipun awalnya didirikan pada tahun 738 M, Todai-ji tidak dibuka sampai tahun 752 M.  Di aula besarnya,  menampung patung perunggu Buddha Vairocana terbesar di dunia, yang dikenal dalam bahasa Jepang sebagai Daibutsu. Wikipedia.

Kuil ini terdaftar sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO sebagai salah satu "Monumen Bersejarah Nara Kuno", bersama dengan tujuh situs lainnya termasuk kuil, tempat suci, dan tempat-tempat di kota Nara.

Todai-ji Temple, berada di dalam Nara Park, dimana selalu dikelilingi oleh kijang2 totol Nara. Kijang2 totol itu, berkeliaran disana, bolh masuk kemana saja, bahkan mereka tidak peduli, mau berbaring dimana saja, termasuk dalam area kuil.

www.neplains.com | Kompleks Todai-j Temple, di tengh2 Nara Park dengan lebih dari 1500 ekor kijang totol
www.neplains.com | Kompleks Todai-j Temple, di tengh2 Nara Park dengan lebih dari 1500 ekor kijang totol
Untuk masuk ke Todai-ji Temple, ada sebuah gerbang. Di mana di setiap kuil atau temple memang selalu mempunyai gerbang.

Untuk Todai-ji Temple, mempunyai  pintu gerbang yang disebut Nandaimon Gate.

Gerbang Besar Selatan adalah gerbang utama Tdai-ji. Asli, didirikan selama periode Nara, dihancurkan oleh topan selama periode Heian. Struktur saat ini, yang berasal dari periode Kamakura, dibangun menggunakan apa yang dikenal sebagai "gaya Daibutsu."

Jenis konstruksi yang didasarkan pada model Sung China, itu baru diperkenalkan ke Jepang oleh Chogen, biarawan yang bertanggung jawab untuk memulihkan Tdai-ji, pada akhir abad ke-12. Posisinya atau peilnya, dinaikkan pada tahun 1199 dan strukturnya selesai pada tahun 1203 bersama dengan patung-patung wali, Two Ni- bertempat di gerbang.

Gerbang dengan atap hip-and-gable ganda lebar lima. Awalnya ada tiga pasang pintu. Delapan belas pilar raksasa yang menopang atap itu berukuran dua puluh satu meter dan seluruh strukturnya naik 25,46 meter di atas alas batu tempat ia diletakkan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN