Mohon tunggu...
Christie Damayanti
Christie Damayanti Mohon Tunggu... Arsitek - Just a survivor

Just a stroke survivor : stroke dan cancer survivor, architect, 'urban and city planner', author, traveller, motivator, philatelist, also as Jesus's belonging. http://christiesuharto.com http://www.youtube.com/christievalentino http://charity.christiesuharto.com

Selanjutnya

Tutup

Wisata Pilihan

Anaheim, Salah Satu Kota Keceriaan Dunia

8 Februari 2017   14:22 Diperbarui: 8 Februari 2017   14:46 1353 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kota Anaheim dengan latar belakang Rocky Mountain, berselimutkan salju juga hutan hijau|www.indulgy.com

By Christie Damayanti

‘Sayap’ malaikat Los Angeles, bergerak lagi ……

Bagaimana dengan suburb Anaheim?

Apa yang diharapkan dengan foto diatas? Adalah yang terpiir sebuah kota kecil Anaheim, sekarang merupakan salah satu kota ‘keceriaan’ dunia?

Anaheim didirikan di tahun 1876, berkembang sebagai pusat industry (khususnya entertainment dan taman hiburan yang dibuka tahun 1955, dengan produk Disneyland nya), memproduksi elektronik, suku cadang pesawat dan buah kaleng, dengan perkebunan buah2an yang banyak terdapat di sekeliling California kearah timur.

Karena Anaheim mempunyai Disneyland sehingga wisata dunia salah satunya, bertumpuk disana, kota ini bisa dibilang, sukses dan makmur. Terbukti ketika kita kesana, Anaheim terlihat lebih “maju” dengaan konsep perkotaannya yang lebih tertata rapi dibandinngkan suburb2 Los Angeles yang lain.

Kota kecil atau suburb Los Angeles Anaheim itu sendiri, mempunyai downtown sendiri, juga terbagi dalam 3 areal, yaitu Anaheim Colony (kota tua Anaheim), Anaheim Resort dan Anaheim Commercial (Disneyland, Disney Downtown dan fasilitasnya).

anaheim-589ac4c8f09273091103cc9b.jpg
anaheim-589ac4c8f09273091103cc9b.jpg
Anaheim Resort, dengan segala fasilitas untuk menjerat wisatawan selalu datang, dan bermalam berhari2 karena fasilitas wisataya selalu bertambah setiap saat
Anaheim Resort, dengan segala fasilitas untuk menjerat wisatawan selalu datang, dan bermalam berhari2 karena fasilitas wisataya selalu bertambah setiap saat
Ketika wisatawan dan pendatang masuk ke Amerika lewat Los Angeles, Disneyland sudah ‘merengkuhnya’. Jika kita tahu bahwa dalam 1 harian kita bermain di taman hiburan Disneyland yang seharga diatas US$110.00 (berarti sekitar 1,5 juta Rupiah), kita akan tahu juga bahwa taman hiburan ini sangat special dan luar biasa! Dan penghasilan taman hiburan ini lah yang menyumbang kota Anaheim bisa ‘berkibar’, dibandingkan dengan suburb2 Los Angeles yang lainnya, kecuali suburb Hollywood yang bersaing dalam pemasukannya.

Dok pri
Dok pri
Gerbang dan pintu masuk Disneyland. Keceriaan bermula dari sini …… “The Happiest Place on Earth”| Dok pri
Gerbang dan pintu masuk Disneyland. Keceriaan bermula dari sini …… “The Happiest Place on Earth”| Dok pri
Jika kita mulai memasuki Anaheim , sungguh, kita bisa melihat perbedaannya.Konsep2 enterteinmentnya  nyata sekali kalau dimuai dari kearah Disneyland. Walau demikian juga jika kita masuk ke ‘kota tua’ Anaheim yang memang bersejarah bagi warga Amerika. Pemerintah kota benar2 memanfaatkan moment2 untuk menarik wisatawan local ataupun asing.

Apalagi ketika Disney Downtown baru dibuka tahun 2001, suasana ‘rumah Mickey Mouse’ semakin terasa. Semuanya hiasan2 dekoratif dijalan2, menggambarkan kebahagiaan keluarga, berjalan2 disana.

“Magic Way”, suasana keceriaan terus beranjut sampai akhirnya kami masuk ke ‘rumah Mickey’| Dok pri
“Magic Way”, suasana keceriaan terus beranjut sampai akhirnya kami masuk ke ‘rumah Mickey’| Dok pri
Downtown Disney Anaheim sendiri, terletak di antara dua taman tema Disneyland Resort dan hotel nya. Di desain dengan sangat menarik, yang membuat pengujung tidak mau pergi dan pulang. Entertainnya, makanannya, toko2nya serta jika beruntung bisa bertemu dengan Mickey Mouse dan teman2nya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Wisata Selengkapnya
Lihat Wisata Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan