Mohon tunggu...
Christie Damayanti
Christie Damayanti Mohon Tunggu... Arsitek - Just a survivor

Just a stroke survivor : stroke dan cancer survivor, architect, 'urban and city planner', author, traveller, motivator, philatelist, also as Jesus's belonging. http://christiesuharto.com http://www.youtube.com/christievalentino http://charity.christiesuharto.com

Selanjutnya

Tutup

Wisata Artikel Utama

Ada Berapa Jenis Palem di California?

6 Februari 2017   16:09 Diperbarui: 8 Februari 2017   17:48 3560 2 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Sebenarnya, ada berapa jenis pohon kelapa di California, dan apakah pohon-pohon itu ada atau bisa tumbuh di Indonesia?

Apakah memang pohon kelapa itu memang khas California, dan awalnya memang tidak tumbuh di Indonesia?

Pikiranku awalnya tempat ini penuh dengan pohon kelapa. Mengapa? Karena jujur, aku iri dengan pohon-pohon kelapa di California, yang tumbuh subur dan terawat baik, termsuk yang tumbuh di dalam perkotaan, bukan hanya di pantai-pantai saja. Sedangkan California adalah daerah sub-tropis.

Indonesia adalah negara tropis, di mana menurutku seharusnya pohon-pohon kelapa lebih subur di negara kita, dibanding dengan California, yang justru di perkotaannya benar-benar subur dengan pohon-pohon kelapa. Bahkan, dari Los Angeles menuju utara ke San Francisco, di mana memasuki kawasan iklim sedang menuju iklim dingin, tetapi pohon kelapa tetap tumbuh subur.

Atau ketika dari Los Angeles menuju Pal Spring di negara bagian Arizona, menuju daerah gurun, pun pohon kelapa masih tetap tumbuh subur

Mungkin aku salah ya, mungkin jangan dikatakan “pohon kelapa”, tapi pohon palem aja deh….

Dokumen pribadi
Dokumen pribadi
Berjenis-jenis2 pohon palem, yang tumbuh subur dalam 1 area, di California:

Pohon Palem
Suku pinang-pinangan atau Arecaceae merupakan sekelompok tumbuhan berbunga yang banyak anggotanya memiliki nilai penting dalam kehidupan manusia. Kelapa dikenal seluruh penduduk kepulauan tropika sebagai tumbuhan serba guna. Demikian pula enau dan pinang. Pemanfaatannya mencakup hampir semua bagian tumbuhan, terutama bagian buahnya.

Masyarakat Indonesia, khususnya di Maluku, memanfaatkan tanaman ini sebagai makanan pokok yaitu sagu yang diambil dari batangnya jenis Metroxylon sago, hal ini merupakan keunikan tersendiri dalam hal makanan pokok masyarakat di dunia. Suku ini dulu dikenal sebagai palmae dan mencakup semua tumbuhan yang biasa disebut palma atau palem.

Tumbuhan ini diperkirakan berasal dari pesisir Samudera Hindia di sisi Asia, tapi kini telah menyebar luas di seluruh pantai tropika dunia (Wikipedia).

Kalau ditilik dari Wikipedia, memang pohon kelapa atau pohon palem hidup dan menyebar liar di selurup pantai tropika dunia. Pertanyataan untukku adalah, seberapa jauh kata “pantai” bisa di tumbuhi oleh pohon kelapa? Bagaimana dengan perkotaan, yang menurutku tidak masuk dalam katagori panati, tetapi pohon palem atau pohon kelapa, tumbuh subur di sana?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Wisata Selengkapnya
Lihat Wisata Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan