Mohon tunggu...
Christie Manuel Kombu
Christie Manuel Kombu Mohon Tunggu... Freelancer - Student
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Journey of my life

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pentingnya Followership pada Sebuah Organisasi

23 Juli 2021   23:04 Diperbarui: 23 Juli 2021   23:45 37 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pentingnya Followership pada Sebuah Organisasi
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS


Followership itu penting bagi organisasi karena tanpa adanya kepengikutan yang militan, tentu saja leadership dalam organisasi akan mengalami Kendala-kendala yang bisa muncul secara tiba-tiba. Yang pasti followership selalu ada dalam setiap organisasi/perusahaan, karena berkaitan dengan individu-individu yang mempunyai peran dan berkontribusi pada jalannya organisasi/perusahaan.

Kepemimpinan dan pengikut saling terkait erat. Mempertimbangkan kepemimpinan sebagai satu-satunya dasar untuk keberhasilan organisasi adalah asumsi yang salah, dan membatasi kesempatan bagi orang-orang di seluruh organisasi untuk menerima tanggung jawab dan memberikan kontribusi aktif dan berharga. Agar setiap kelompok atau organisasi berhasil, harus  jadilah orang-orang yang mau dan efektif mengikuti sama seperti harus ada orang yang mau dan efektif memimpin. 

Pengikut adalah tempat untuk mempelajari keterampilan yang berharga bagi kepemimpinan. Selain itu, kepemimpinan dan pengikut adalah peran mendasar yang digeser individu masuk dan keluar dalam berbagai kondisi. Setiap orang termasuk pemimpin adalah pengikut pada satu waktu atau lainnya. Memang, meskipun fokus pada kepemimpinan, kebanyakan dari kita lebih sering menjadi pengikut daripada pemimpin.

 Prinsip yang dimiliki seorang  individu agar  berperan dan berkontribusi secara maksimal pada organisasi, antara lain :

1. Quick Response

2. Up to Date

3. Berintegritas

4. Imajinatif

5. Berinisiatif

Kelima hal diatas ini sangatlah penting bagi sebuah organisasi dimana dengan adanya prinsip ini, organisasi yang dijalankan dapat berjalan dengan baik dan lancar tanpa hambatan suatu apapun. dan para pengikut dapat menjalankan tugasnya dengan baik.  

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan