Mohon tunggu...
Christian Josua F. X.
Christian Josua F. X. Mohon Tunggu... Mencoba berbagi manfaat lewat tulisan.

#pikiranmelangithatimembumi

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Hal-hal Lain yang Dapat Dilakukan Saat Pandemi Corona

30 Maret 2020   19:00 Diperbarui: 30 Maret 2020   19:00 368 0 0 Mohon Tunggu...

Dunia sedang menghadapi pandemi virus corona saat ini, begitu pun Indonesia. Di negara kita, jumlah orang yang terjangkit virus corona bertambah setiap harinya. Pemerintah telah mengambil beberapa kebijakan dan mengimbau masyarakat demi pencegahan penyebaran serta penanganan virus corona ini. 

Sebagai bagian dari masyarakat, tentunya kita harus kooperatif dan berpartisipasi dalam menjalankan kebijakan pemerintah. Menjaga kebersihan, melakukan "social distancing", dan karantina di rumah menjadi beberapa contohnya. Namun, apa lagi hal yang dapat dilakukan untuk melawan pandemi ini? Inilah beberapa kegiatan yang bisa dilakukan:

1. Menghancurkan alat pelindung diri (APD) terpakai

Masker, sarung tangan latex, dan berbagai APD lainnya kini mulai langka dan harganya menjulang tinggi. Beberapa jenis APD juga sifatnya sekali pakai. Ada baiknya APD terpakai itu segera dimusnahkan seperti dirobek atau digunting. Hal ini bisa dilakukan untuk mencegah oknum yang memungutnya dan hendak dijual kembali.

2. Waspada berita bohong

Di tengah kecemasan sekarang, berita bohong juga bisa membuat panik masyarakat. Masyarakat harus mampu menyaring kabar-kabar yang beredar di media-media sosial. Jangan pula mudah menyebarkan kembali berita-berita yang tidak benar kenyataannya. 

Masyarakat jangan mudah percaya dengan berita-berita, agar tidak meresahkan. Ada baiknya masyarakat mengumpulkan berita dari berbagai sumber, dan bijaklah memilih sumber yang terpercaya seperti akun-akun lembaga pemerintahan dan akun pemimpin daerah dan/atau negara.

3. Melakukan donasi

Sebagai makhluk sosial, saling membantu adalah hal yang baik. Mungkin kita tidak bisa terjun langsung menangani pasien-pasien terjangkit corona, namun kita bisa membantu dengan mengumpulkan donasi. 

Donasi yang terkumpul juga akan sangat bermanfaat bagi rumah sakit dan tenaga-tenaga kesehatan yang bekerja keras. Pilihlah lembaga penghimpun donasi yang anda kenal dan terpercaya.

4. Berdoa

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x