Mohon tunggu...
M Chozin Amirullah
M Chozin Amirullah Mohon Tunggu... Blogger partikelir

Antusias pada perubahan sosial, aktif dalam gerakan mewujudkannya. Menghargai budaya sebagai bunga terindah peradaban. Memandang politik bukan sebagai tujuan namun jalan mewujudkan keadilan sosial. Tak rutin menulis namun menjadikannya sebagai olah spiritual dan katarsis. Selalu terpesona dengan keindahan yang berasal dari dalam. Ketua Gerakan Turuntangan, Mengajak anak muda jangan hanya urun angan tetapi lebih bauk turun tangan. Kenal lebih lanjut di instagram: chozin.id | facebook: fb.com/chozin.id | twitter: chozin_id | Web: www.chozin.id

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Cari Toko Gratis Jelang Lebaran? Datang ke WD Collection

9 Mei 2021   07:30 Diperbarui: 9 Mei 2021   07:47 484 3 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Cari Toko Gratis Jelang Lebaran? Datang ke WD Collection
wdcollection2-6096b049d541df6356594742.jpeg

"Bapak-bapak, ibu-ibu, saudara-saudara sebangsa dan setanah air. Ini dia koleksi WD Collection, spesial untuk lebaran. Bapak/Ibu silahkan yang jauh mendekat, yang dekat merapat, bisa langsung mampir ke toko kami di Cirendeu, Tangerang Selatan", demikian bunyi iklan video yang disebar melalui akun instagram @_WDCollection.

Responnya luar biasa, warga berbondong-bondong datang mengantri untuk 'membeli' baju lebaran di Toko WD Collection. Sejak dibuka pertengahan Ramadhan 1442H, atau tepatnya 24 April 2021 lalu, sudah beberapa kali diselenggarakan bazar. 

Hari ini, 8 Mei 2021, tercatat lebih dari 80 orang datang untuk belanja. Bukan hanya warga sekitar, pedagang sayur keliling, pedagang mainan, dan pedagan makanan yang biasa berdagang di sekitar tidak datang sendiri. Mereka datang membawa 'pasugan' untuk memborong baju, tas, buku, sepatu daln lain-lain.

Harganya berapa? Nol rupiah, alias gratis. Barang-barang tersebut memang 'dijual' secara gratis. Tidak dibagikan begitu saja, melainkan ditata sedemikan rupa sebagaimana di toko sebenarnya. 

Calon pembeli juga diminta untuk mendaftar lebih dahulu sebelum memilih barang yang akan dibawa pulang. Berhubung peminatnya banyak, mereka juga harus bersedia untuk antri. Masing-masing hanya diperkenankan membawa maksimal 2 item barang.

wdcollection1-6096b1078ede487b4943a772.jpeg
wdcollection1-6096b1078ede487b4943a772.jpeg
Siapakah owner WD Collection? Mereka adalah para mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta. WD singkatan dari Wira Dharma, merupakan nama satuan resiman mahasiswa (Menwa) UIN Syarif Hidayatullah. Khusus di Ramadhan ini mereka menginisiasi ide toko gratis tersebut sebagai ikhtiar untuk membantu masyarakat yang membutuhkan.

Di masa menjelang lebaran namun diterpa pandemic Covid19 ini tentu berat bagi beberapa kalangan. Lebaran identik dengan baju baru, barang-barang baru. Tapi apa daya, ekonomi yang terhempas diterpa badai Covid19 menjadikan mereka tak mampu membelikan anak-anaknya baju baru. Oleh karena itu WD Collection menjadi alternatif. Jangan kuatir, di toko ini yang dijual juga barang-barang baru koq. New to you, baru untuk kamu. Bukan hanya itu, Sebagian besar barangnya juga branded.

Dari mana para mahasiswa mendapatkan barang-barang tersebut? Mereka mendapatkannya dari para donator. Donasinya bukan uang, melainkan barang. Mereka membuka kesempatan bagi siapa saja untuk menyumbangkan "barang-barang mantannya" yang masih bagus. Barang-barang tersebut disortir dan ditata ulang sehingga menarik.

Jika tertarik untuk menjadi donator bisa langsung menghubungi akun Instagram @_WDcollection atau bisa langsung datang ke lokasi di Jl. Cirendeu Indanh III no. 203, Pisangan, Ciputat Timur, Tangerang Selatan.

Dok. Pribadi
Dok. Pribadi
Kebetulan alamat di atas adalah alamat kami juga. Di kompleks klaster rumah memang ada beberapa rumah yang masih kosong, rumah tersebut kami manfaatkan untuk menampung mahasiswa di sekitar secara gratis. Syaratnya mereka bersedia membuat aktivitas kerelawanan untuk masyarakat sekitar.

Kegiatan toko gratis merupakan salah satu kegiatan mereka di bulan Ramadhan. Selain itu, di luar bulan Ramadhan, mereka juga punya program bagi nasi tiap jumat dan rumah tahfidz untuk anak-anak. Kami bangga, rumah kami akhirnya bukan sekedar memberikan manfaat, tetapi juga wadah kreatifitas kerelawanan anak muda.

VIDEO PILIHAN