Mohon tunggu...
Reinhard Hutabarat
Reinhard Hutabarat Mohon Tunggu... Penikmat kata dan rasa...

Seorang penulis amatir yang menyukai semua genre tulisan

Selanjutnya

Tutup

Balap Pilihan

MotoGP Assen 2019 Awal Kebangkitan Vinales Dan Yamaha

2 Juli 2019   16:38 Diperbarui: 2 Juli 2019   16:58 0 6 1 Mohon Tunggu...
MotoGP Assen 2019 Awal Kebangkitan Vinales Dan Yamaha
Podium juara MotoGP Assen 2019, sumber: Rakyat Merdeka

Setelah bertarung mati-matian hingga titik darah terakhir, Maverick "Top Gun" Vinales akhirnya berjaya kembali di Sirkuit Assen pada perhelatan MotoGP Belanda 2019 Ahad kemarin.  Sedangkan bagi Yamaha (dan juga Vinales sendiri) kemenangan terakhir mereka raih di sirkuit Philip Island pada 2018 lalu. Gelar ini juga menjadi gelar perdana bagi Vinales dan Yamaha dalam rangkaian seri MotoGP tahun 2019.

Karakter sirkuit Assen dengan trek yang super cepat, sempit, punya tikungan speed corner dan memiliki tikungan berbalik arah yang cepat, menjadi semacam garansi akan sengitnya pertarungan yang akan tersaji di sirkuit ini.

Di sirkuit ini tidak ada pembalap favorit maupun tim favorit. Semua pembalap memiliki peluang yang sama. Kemampuan pembalap untuk mengontrol kestabilan motor dan juga keausan ban menjadi faktor penentu kemenangan, selain tentunya juga faktor nasib.

Seandainya semua lay-out sirkuit MotoGP seperti di Assen ini, maka balapan MotoGP sepanjang musim dijamin akan semakin seru karena para pemenang akan susah diprediksi sebelum chequred flag dikibaskan .

Lay-out sirkuit MotoGP Assen, sumber: MotoGP
Lay-out sirkuit MotoGP Assen, sumber: MotoGP
Jalannya Balapan

Race dimulai dengan susunan grid 12 pembalap terdepan adalah, Quartararo, Vinales, Rins, Marquez, Mir, Crutchlow, Petrucci, Nakagami, Morbidelli, Miller, Dovizios dan Pol Espargaro. Aksi saling overtake sudah dimulai sejak awal balapan ketika Rins kemudian berhasil memimpin balapan disusul juniornya Joan Mir lalu Quartararo.

Lap-2 Rins masih memimpin balapan disusul Mir dan Quartararo. Sementara itu Marquez yang sempat disalip Mir, kembali ke posisi empat setelah berhasil  menyalip Vinales.

Lap-3. Mir terlihat beberapa kali memberi tekanan kepada Rins, tetapi akhirnya malah membuatnya melebar dan dilewati Quartararo. Tak lama kemudian Rins malah crash, membuat tim Suzuki berduka. Sang pole sitter, Quartararo kemudian memimpin balapan.

Lap-4. Quartararo masih memimpin balapan disusul Vinales yang telah berhasil kembali menyalip Marquez. Sementara itu Dovi justru berhasil menggeser Mir ke posisi lima.

Lap-5. Quartararo masih tetap tegar memimpin di depan Vinales dan Marquez. Pada T8 Rossi yang berusaha meng-overtake Naakagami malah terjatuh sendiri dan menyeret Naakagami juga. Keduanya lalu crash! Rossi kemudian mendatangi Naakagami yang masih semaput di atas gravel...

Lap-7. Posisi Quartararo masih stabil di depan Marquez yang telah berhasil lagi melewati Vinales. Di belakang mereka adalah Dovi, Petrucci dan Mir.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3